26 April 2019


Unesa.ac.id, Surabaya – Pada era ini, Indonesia telah memiliki banyak kartini-kartini modern yang mengukir berbagai macam prestasi di dalam maupun luar negeri. Semangat kartini mampu menginspirasi wanita zaman milenial untuk terus berkarya dan berprestasi tanpa meninggalkan kodrat mereka sebagai wanita Indonesia. Dharma wanita Unesa merefleksikan semangat kartini dalam acara peringatan hari kartini yang diselenggarakan di Gedung Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) lantai 3, Kampus Lidah Wetan, dengan tema Memperkuat Daya Cipta dan Kreativitas Perempuan Kekinian, (23/4). Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Suprapto, S.Pd., S.T., Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Unesa, Dra. Endah Purnomowati Nur Hasan, serta Siti Nurul Hidayati, S.Pd., M.Pd., selaku narasumber, serta anggota DWP Unesa.
Dalam kegiatan ini juga ditampilkan kreativitas dari anggota DWP. Para tamu yang hadir diajak kembali mengenang rekam jejak Ibu Kartini, tujuannya untuk membangun jiwa – jiwa kartini yang sesuai dengan era saat ini, dimana teknologi telah menjadi hal penting dan berpengaruh di setiap sisi kehidupan.
Pada era ini, bijak dalam menggunakan teknologi sangatlah penting, seperti apa yang dikatakan oleh Siti Nurul Hidayati bahwa kartini dijaman milenial ini harus melek digital, harus BAPER atau Bawa Perubahan dimana menjadikan digital sebagai bahan untuk terus belajar dan pintar memilih serta memilah mana yang baik dan buruk. “Jikalau dulu Kartini dapat berliterasi melalui surat, maka seharusnya dijaman yang serba digital ini para Kartini modern dapat berliterasi melalui digital,” paparnya. (hasna/tan/ay)