30 March 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Universitas Negeri Surabaya menyelenggarakan Wisuda Ke-94 pada Sabtu,30 Maret 2018. Pada wisuda kali ini, Unesa meluluskan 1.450 wisudawan terdiri atas mahasiswa Program Pascasarjana, Pendidikan Sarjana dan Program Diploma. Wisuda yang mengusung tema “Wisudawan Unesa Profesional dan Berwawasan Global” ini di hadiri oleh Wakil Bupati Nganjuk, Drs. Marhaen Jumadi serta Bupati Magetan Dr. Suprawoto, SH, M.Si., sebagai stakeholder.
Disela-sela penyelenggaraan wisuda rektor juga melakukan penandatanganan MoU dengan Special Educatioan Center Region 9 Khon Kaen, Thailand. Serta penandatanganan MoU dengan pemerintah Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Magetan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, dan penelitian pengabdian kepada masyarakat.
Mencetak lulusan yang profesional dan berwawasan global dalam berbagai disiplin ilmu merupakan tujuan dan harapan Universitas Negeri Surabaya. Di sini profesional dapat diartikan secara luas, yang pertama adalah profesional dalam membentuk sikap dan perilaku kerja yang baik. Sikap dan perilaku kerja yang baik akan tampak jika seseorang senantiasa menanamkan nilai kejujuran, tanggung jawab dan rasa percaya diri yang diiringi dengan kesantunan dalam setiap tindakan. Hal ini menjadi aspek penting dalam perjalanan karir para wisudawan nantinya.
Selain sikap profesional, para wisudawan Unesa harus memiliki wawasan global. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era revolusi industri 4.0 ini menuntut semua orang untuk mampu beradaptasi dengan segala perubahan yang bergerak cepat. Segala sumber informasi didapat secara online. Mesin-mesin canggih pun menggantikan pekerjaan manusia. Jika kita tidak cepat membaca dan menyesuaikan diri terhadap perubahan tersebut, maka kita akan tertinggal jauh ke belakang. Berwawasan global juga berarti mampu menyaring berbagai informasi yang didapat, dan memilah mana yang baik serta mana yang tidak. Informasi yang baik dapat menjadi sumber ilmu dan dasar dalam mengembangkan diri.
Rektor berharap para wisudawan mampu menghadapi segala tantangan ke depan menjadi individu-individu profesional dan berwawasan global. Terus berkiprah dan berkarya serta menjadi motor penggerak kemajuan bangsa. Dan tentu tidak lupa pula menjadi kebanggaan almamater tercinta. (Humas Unesa)