08 January 2019


Unesa.ac.id, Surabaya – Perangkat desa memiliki kewenangan yang besar untuk mengurusi masyarakat di suatu desa. Kewenangan tersebut dapat meliputi peningkatan kesejahteraan masyarakat, memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, melaksanakan prinsip tata pemerintahan desa yang bersih dan bebas dari kolusi, korupsi, dan nepotisme. Oleh karena itu perangkat desa harus memiliki wawasan yang luas dan berjiwa sosial yang tinggi. Untuk itu Pemkab Sidoarjo melaksanakan seleksi perangkat desa untuk mendaapatkan perangkat yang berkualitas dan berjiwa sosial tinggi.
Seleksi perangkat desa, kemarin (5/1), dilaksanakan di Gedung Gedung G9 Fakultas Ekonomi, Unesa, Kampus Ketintang Surabaya. Dengan menggunakan sistem seleksi CAT (Computer Asisted Test) hasl tes akan lebih transparan dan terhindar dari perjokian. Tes yang diberikan terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaaan (TKW), Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Kemampuan Bidang (TKB). Jumlah soal sebanyak 100 butir dengan durasi waktu 100 menit.
Hadir dalam kegiatan tersebut Kabag Kerja Sama dan Humas Unesa, Tim Seleksi, Kepala Desa Medaeng, Kedungrejo, Tropodo, dan Wilayut. (tni/why)