07 November 2018


Unesa.ac.id-Surabaya, Program Hibah Bina Desa (PHBD) merupakan program dari Kemenristekdikti yang ditawarkan setiap tahunnya kepada organisasi mahasiswa baik Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) untuk berperan serta dalam memberdayakan masyarakat.
Program ini juga bertujuan untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih berperan aktif dalam pembangunan ekonomi bangsa. Mahasiswa memiliki tujuan sebagai pengabdi kepada masyarakat dengan membantu meningkatkan taraf ekonomi dan ilmu pengetahuannya, menumbuhkan empati dan kepedulian mahasiswa pada lingkungan, menerapkan Ipteks dalam tim kerja yang bersifat interdisipliner, dan menanamkan nilai kepribadian, keuletan, etos kerja dan tanggung jawab serta karakter bangsa yang berdasarkan Pancasila.
Bertempat di Auditorium Lantai 11, Gedung Rektorat, Kampus Lidah Wetan Surabaya, Senin (5/11). Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Surabaya mengadakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Hibah Bina Desa (PHBD) 2018. Kegiatan ini di ikuti oleh 5 peserta yang telah lolos seleksi di antaranya Unesa, Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS), Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), dan Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS).
Kegiatan ini secara langsung dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Agus Harianto, M.Kes. Dalam sambutannya Agus menyampaikan bahwa PHBD merupakan program yang sangat berkesan karena bisa langsung terjun di masyarakat serta berkolaborasi dengan pemerintah desa guna membangun dan memajukan suatu desa. Dengan adanya program ini diharapkan mampu memberikan manfaat kepada masyarakat desa binaan, “Mudah-mudahan hasilnya pun sesuai dengan yang kita inginkan dan semoga dapat terwujud dengan baik,”ungkapnya.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Aris Suhardi dan Yusuf dari Belmawa, Kabag Kemahasiswaan, Kasubbag Kesejahteraan dan Alumni, dan dosen pembimbing. (tni/why)