05 October 2018


Unesa.ac.id-Surabaya, Program Studi Bahasa dan Sastra Jerman gelar Seminar Nasional dengan tema “Studieren In Deutshland”. Acara yang dilaksanakan di Auditorium Lantai 11 Gedung Rektorat ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumini, Dr. Ketut Prasetyo, M.S., Ketua Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman, Drs. Suwarno Imam Samsul, M.Pd., serta Dosen selingkung FBS, (04/10).
Seminar ini membahas mengenai kiat-kiat untuk bisa belajar di Negara Jerman, termasuk informasi mengenai beasiswa yang disediakan. Dengan dipandu oleh moderator Hayyu Khafidlo Fitria, seminar ini dimulai dengan pemutaran video dari staff Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD) Studienberatung yang sekaligus merupakan narasumber, Dipl-Kfr. Maria Juvita, pembicara yang lainnya ada dari Uni Erfurt Sarah Lonscher, dan dari Uni Osnaberuck Lea Ranck.
Ada yang menarik dari acara ini, yakni penampilan dari salah satu komunitas Prodi Bahasa Jerman, “Deutshland Tanzen” yang merupakan komunitas yang berkonsentrasi pada tarian tradisional Negara Jerman.
Harapannya, melalui kegiatan ini nantinya banyak mahasiswa yang mimpinya terwujud, yakni belajar di Negara Jerman. Dalam sambutannya, Ketut juga mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini semoga kedepannya bisa memberikan pengetahuan mengenai belajar di luar Negeri, serta mampu memberikan motivasi kepada kita untuk berani mencoba. “Gak usah takut, kamu bisa, Unesa bisa untuk bangsa” ujarnya. (ay/why)