11 May 2018


Unesa.ac.id-Surabaya, Jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan (PMP-KN), Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) FISH Unesa, menggelar Olimpiade PPKn ke-7 2018 se-Jawa Timur, sabtu (05/05/2018) di I6 FISH Unesa. Kegiatan ini bertema “Menumbuhkan Karakter yang Pancasila untuk Mencapai SDG’s 2030 Melalui Olimpiade PPKn 2018”. Sebanyak 150 Tim SMA/SMK/MA Se-jawa Timur bersaing di ajang tahunan ini. Kompetisi olimpiade PPKn 2018 ini dibagi tiga tahapan. diantaranya, babak penyisihan, babak semifinal, dan babak final.
Olimpiade tersebut juga dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FISH, Tamsil,S.H., M.H, Ketua Jurusan PM-PKN, Dr. Totok Suyanto,M.Pd., Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Ketua Jurusan Ilmu Hukum, Ketua Pelaksana, Dr. Hj.Raden Roro Nanik Setyowati, M.Si, dan Dosen Jurusan PM-PKN.
Menurut Dr. Totok Suyanto, ajang ini merupakan ajang menumbuhkan ideologi dasar-dasar pancasila dalam diri pelajar. Selain itu juga untuk mematangkan nilai-nilai religius, kemanusiaan, gotong royong, toleransi, keadilan, dan demokrasi.
Pemenang olimpiade ini diumumkan pada hari itu dengan rincian juara 1 diraih oleh SMA Gloria 1 Surabaya, juara 2 dan 3 diraih oleh SMAN 3 Jombang, dan juara harapan 1 diraih oleh SMA 1 Maarif Pandaan. (sh/why)