13 September 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA–Universitas Negeri Surabaya (UNESA) lewat UPT Perpustakaan punya cara yang berbeda dalam memperingati Hari Kunjungan Perpustakaan (14 September 2022). Mereka mengadakan serangkaian kegiatan mulai dari lomba profil ruang baca, pemeran hingga kunjungan pimpinan rektorat sampai dekan ke perpustakaan.
Ini bukan kunjungan bisa, para pimpinan harus menceritakan kembali pengalaman mereka dalam sesi khusus. Mulai kemarin 12-13 September 2022, giliran dekan, direktur, kepala lembaga dan kepala biro selingkung UNESA yang melakukan kunjungan ke perpustakaan.
Pada kesempatan itu, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), Prof. Dr. Muhammad Turhan Yani, M.A menyampaikan bahwa berkunjung ke perpustakaan memberikan suasana yang berbeda dan secara tidak langsung meningkatkan minat dalam membaca literatur. Menurutnya, perpustakaan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari dosen, mahasiswa bahkan tendik.
“Peran perpustakaan sangat penting, tentu membantu mahasiswa dalam perkuliahan dan dosen dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan riset,” ujarnya.
Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Drs. Mochamad Nursalim, M.Si., menyampaikan, perpustakaan harus terus bertransformasi mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan penggunanya. Itu bisa meliputi sisi infrastruktur seperti tempat baca yang nyaman, proses layanan yang mudah dan berbagai fasilitas pendukungnya. “Ketika ada tugas atau apa, kita bisa langsung ke sini karena lebih nyaman dan adem,” ujarnya.
Dia mengapresiasi, perpustakaan UNESA terus melakukan inovasi layanan dan menambah koleksi baik dalam bentuk fisik maupun digital. “Semoga dengan berbagai pembenahan layanan dan koleksi yang sangat banyak semakin membuat kita nyaman mencari ide dan referensi di sini,” tambahnya.
Drs. Suroto, M.A., Ph.D., Kepala UPT Perpustakaan menjelaskan, kegiatan ini digelar untuk menyemarakkan Hari Kunjungan Perpustakaan. Sekaligus untuk memperkenalkan berbagai terobosan perpustakaan kepada seluruh sivitas akademika UNESA dan mendorong mereka untuk rutin mengunjungi atau menggunakan layanan perpustakaan.
“Momentum ini kita gunakan untuk mewujudkan perpustakaan yang unggul dari berbagai aspek sehingga memberikan kenyamanan kepada pengguna. Dari berbagai kunjungan pimpinan ini kita harapkan mereka juga memberikan masukan yang konstruktif sehingga perpustakaan UNESA terus adaptif, transformatif dan inovatif dalam mendorong sivitas akademika UNESA yang produktif dan berprestasi,” tandasnya.
Menurutnya, pembenahan layanan tidak hanya dilakukan di perpustakaan induk, tetapi juga dilakukan di semua unit tiap fakultas. Bahkan, lanjutnya, lomba yang diadakan untuk memotivasi pustakawan tiap fakultas agar tertantang untuk melakukan inovasi terbaiknya. Dengan begitu, ada semangat untuk terus menghadirkan layanan perpustakaan yang prima dan profesional. [HUMAS UNESA]
Penulis: Mohammad Dian Purnama
Editor: @zam Alasiah*