10 September 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA–Satuan Mitigasi Crisis Center Universitas Negeri Surabaya (SMCC UNESA) melaksanakan giat vaksinasi Covid-19 di Lantai 1 Gedung LP3 Kampus UNESA Lidah Wetan, Surabaya pada Jumat (09/09/22). Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama UNESA dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Puskesmas Jeruk, Puskesmas Lontar, dan Puskesmas Lidah Kulon.
Ketua SMCC UNESA Dr. Diana Rahmasari, S.Psi., M.Si. menjelaskan, pihaknya menyediakan sejumlah 1.000 dosis vaksin jenis pfizer baik untuk dosis pertama, dosis kedua, maupun dosis ketiga (booster). Sasaran kegiatan vaksinasi kali ini yaitu mahasiswa UNESA, khususnya bagi mahasiswa baru angkatan tahun 2022.
Pemberian vaksin tersebut penting dilakukan, mengingat pandemi masih belum berakhir. Secara medis, vaksinasi ini bertujuan untuk memberikan upaya preventif berupa kekebalan bagi tubuh dari infeksi virus. Kegiatan ini mendukung program Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) untuk percepatan capaian vaksinasi dan pemerataan cakupan vaksinasi khususnya di UNESA sehingga dapat tercipta kekebalan bersama.
Koordinator kegiatan vaksinasi itu melanjutkan, tingkat partisipasi peserta vaksinasi di UNESA cukup tinggi. Baru beberapa hari dibuka pendaftaran, kuota langsung terisi penuh. Menurut psikolog UNESA itu membantu pemerataan vaksinasi. “Mereka yang sudah daftar atau registrasi datang ke lokasi layanan. Pelayanan mulai pukul 08.00 hingga 13.00 WIB,” ujarnya.
Salah satu peserta vaksinasi, Aulia Cika Fatona Ali mahasiswa S-1 Pendidikan Bahasa Inggris mengatakan vaksinasi sangat penting untuk melindung diri sendiri dan orang lain dari paparan Covid-19. “Saat kuliah di kelas, setiap hari berinteraksi dengan teman-teman mahasiswa dan dosen memang harus prokes, tetapi juga perlu didukung dengan kekebalan tubuh lewat vaksinasi,” pungkasnya. [HUMAS UNESA]
Penulis: Muhammad Ari Rifqi Mubarok
Editor: @zam Alasiah*