20 November 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Gelaran Pemilihan Putra Putri Universitas Negeri Surabaya (UNESA) 2022 mencapai puncaknya pada Grand Final yang dihelat secara luring dan meriah di Graha Unesa pada Minggu, 20 November 2022.
Dalam Grand Final tersebut delapan pasang finalis atau sejumlah 16 putra dan putri terbaik dari masing-masing fakultas unjuk kemampuan. Mereka dinilai para juri yang kompeten di bidangnya. Turut hadir perwakilan duta dari berbagai kampus di Jawa Timur, Cak Ning Surabaya, Putra Putri Batik Jawa Timur, dan lain-lain.
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Agus Hariyanto, M.Kes., menyampaikan bahwa mencapai finalis putra-putri Unesa merupakan hal yang luar biasa karena tidak semua mahasiswa berkesempatan mendapatkan posisi sebagai duta kampus. Mereka harus melewati lika-liku perjuangan, sehingga memang perlu diapresiasi.
“Semua yang menjadi finalis adalah yang terbaik dari fakultasnya. Semoga dari acara ini mampu menghasilkan putra putri yang terbaik. Putra-putri Unesa sebagai wadah mahasiswa mengasah skill-nya untuk menjadi duta bagi kampus,” ujarnya.
Grand Final Putra-putri Unesa kali ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena bertambah satu pasangan putri-putri dari program Vokasi sehingga totalnya menjadi 8 pasangan atau 16 putra-putri.
Pasangan tersebut melewati proses seleksi sampai di lima besar. Peserta yang lolos di tahap ini menyampaikan gagasan terbaiknya untuk menjawab persoalan yang dilontarkan dewa juri. Dari lima pasangan itu, kemudian diseleksi menjadi tiga terbaik. Mereka kemudian berkompetisi untuk memperebutkan posisi pertama, kedua dan ketiga.
Dalam seleksi puncak tersebut, para dewan juri melontarkan berbagai pertanyaan strategis, seperti branding Unesa,program, langkah kontribusi sebagai duta kampus, PTN-BH, ramah disabilitas termasuk kampus eks-LPTK.
Adapun Putra-putri UNESA 2022 diraih oleh Putra Danang Rosyadi dari FEB dan Putri Farah Nabila juga dari FEB. Di posisi kedua atau runner up 1 ada Putra Dimas Abi dari FMIPA dan Putri Nurul Anjarwati dari FBS. Kemudian, Tiyo Ferdian dari FISH dan Putri Ade Sukandi dari FMIPA di posisi ketiga atau runner up 2.
Danang sebagai Putra Unesa 2022 menyampaikan bahwa dirinya tidak menduga bakal keluar menjadi juara. Hal yang sama diungkapkan Farah Nabila. Setelah terpilih sebagai duta kampus lewat pemilihan putra-putri tersebut, keduanya memiliki sejumlah program ke depan di antaranya, branding UNESA lewat pemanfaatan media sosial.
Para putra-putri UNESA tersebut kemudian dikukuhkan langsung pimpinan UNESA di harapan para gus dan ratusan peserta acara 5G Goes to Campus. “Hari ini kalian telah menjadi duta UNESA. Semoga mampu mengemban amanah ini dengan baik. Kalian adalah garda depan UNESA yang punya peran penting di dalam maupun di luar kampus," ucap Cak Hasan. [HUMAS UNESA]
Penulis: Azhar/Haikal/Saputra
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Humas UNESA