04 February 2023


Unesa.ac.id, UNESA—Setelah melantik jajaran pejabat baru selingkung Universitas Negeri Surabaya (UNESA), rektor juga melantik jajaran pengurus Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Unit Kegiatan Kampus (UKM) periode 2023 di Auditorium, Lantai 11, Gedung Rektorat, Kampus Lidah Wetan, Surabaya pada Jumat, 3 Februari 2023. Acara ini juga dirangkaikan dengan serah terima jabatan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari pengurus periode 2022 ke pengurus baru.
Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., menyampaikan bahwa dinamika kehidupan kampus tidak bisa lepas dari kegiatan kemahasiswaan yang tentunya bisa memberikan nilai tambah terhadap capaian akademik maupun non-akademik. “Organisasi itu tempat untuk mengembangkan diri dan mengaktualisasikan apa yang didapat dari kelas perkuliahan. Organisasi harus mendukung proses perkuliahan bukan sebaliknya,” ucapnya.
Terlebih sekarang ini, prestasi terus diberikan apresiasi, tidak hanya soal akademik tetapi juga yang non-akademik. “Jadikan lingkungan organisasi mendukung tumbuhnya prestasi dan inovasi mahasiswa, termasuk membuat kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat. Pengurus baru harus terus memikirkan itu. Program lama yang baik perlu dipertahankan dan terus membuat program baru yang lebih baik,” terang Cak Hasan.
Pengurus Ormawa dan UKM harus siap beradaptasi dengan status baru UNESA yang PTN BH. Akan terdapat sedikit perbedaan dalam mekanisme dan tata kelola universitas dari status sebelumnya yang masih PTN BLU. Prinsip berpedoman pada Pancasila, jujur, adil, dan cermat juga harus diterapkan oleh pemimpin terlantik demi kelancaran demokrasi di lingkungan universitas.
“Di era ketidakpastian global ini, pengurus Ormawa dan UKM diharapkan dapat memiliki komitmen, nilai integritas, kedisiplinan tinggi, adaptif, dan harus tangguh dalam menghadapi tantangan, serta siap menjalankan amanah sebagai pemimpin,”pesannya.
Struktural Ormawa dan UKM yang baru ini harus semangat dan arah baru dalam berorganisasi guna menyongsong UNESA PTN BH. Mahasiswa, khususnya pengurus terlantik harus memiliki semangat yang berlipat karena ke depannya tantangan UNESA akan lebih berat sehingga dibutuhkan dorongan dan dukungan dari mahasiswa dan seluruh civitas akademika agar UNESA selalu berprestasi, sesuai dengan tagline Satu Langkah di Depan.
Sebagai Ketua BEM terpilih periode 2023/2024, M. Asrorun Ni’am menyatakan bahwa dengan UNESA sebagai PTN BH, maka ke depannya BEM siap berkolaborasi dengan pengurus BEM selingkung fakultas dan jurusan, serta UKM untuk mencapai visi dan misi UNESA yang salah satunya sebagai kampus bertaraf internasional.
“Harapannya BEM tidak menjadi organisasi yang subjektif dan pengurus akan berusaha mengakomodir kebutuhan mahasiswa. Sedangkan untuk program 100 hari kerja kami akan berfokus pada program lingkungan yang juga akan bekerja sama dengan pengurus BEM selingkung fakultas UNESA. Arahnya program lingkungan berkelanjutan dan ini bagian dari visi kampu,” tandasnya. []
***
Penulis: Fadina Zahra, Saputra
Editor: @zam Salasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Humas UNESA