25 May 2023


Unesa.ac.id, SURABAYA–Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) kembali membuka pendaftaran program Wirausaha Merdeka. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti program wirausaha unggulan dari perguruan tinggi pelaksana di Indonesia yang memiliki program kewirausahaan terbaik yang akan membimbing mahasiswa menjalani pembelajaran wirausaha selama 1 semester.
Kepala Program Wirausaha Merdeka, Gamaliel Waney pada kesempatan sosialisasi program tersebut mengatakan bahwa mahasiswa yang lolos program ini nantinya akan didampingi para mentor, praktisi dan akademisi terbaik di Indonesia. Ada beberapa unggulan program ini yaitu mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman belajar di luar kelas untuk mengembangkan ilmu bidang kewirausahaan.
Selain itu, mendapatkan pengalaman praktis, pembekalan mindset dan juga kompetensi kewirausahaan. Mahasiswa juga mendapatkan konversi maksimal 20 sks. "Program ini disiapkan kurikulum berkualitas yang setidaknya punya tiga aspek penting yang diberikan yaitu idea generation, prototyping dan market validation. Mahasiswa dalam program ini bisa membangun koneksi dengan praktisi bisnis dan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya," jelasnya.
Tahun 2023 ini, program Wirausaha Merdeka membuka pendaftaran mulai 20 April—30 Juni 2023. Adapun syarat yang perlu diperhatikan mahasiswa yaitu;Mahasiswa aktif dari program studi D2, D3, D4, dan S1 minimal semester 3. Serta mahasiswa S2 serta S3 tanpa batasan semester.Mahasiswa aktif yang berkuliah di PTN atau PTS yang berada di bawah koordinasi Kemendikbudristek.Pendaftaran dilakukan pada Perguruan Tinggi Pelaksana Program. Bila mahasiswa calon peserta tidak lolos seleksi pada pendaftaran pertama, maka dapat melakukan pendaftaran pada Perguruan Tinggi lainnya.Memiliki surat rekomendasi dari Ketua Program Studi atau pimpinan Perguruan Tinggi untuk mengikuti program.Program Wirausaha Merdeka bisa dilakukan sebagai konversi SKS.Membuat surat pernyataan tidak mengikuti MBKM lainnya di atas materai dan ditandatangani mahasiswa dan ketua prodi.Memiliki surat izin untuk mengikuti seluruh program dari orang tua mahasiswa.Bersedia mengikuti program penuh waktu.Bersedia memenuhi permintaan dokumen yang disyaratkan.Pendaftaran program Wirausaha Merdeka 2023 ini cukup mudah, peserta hanya perlu melakukan beberapa langkah yaitu;Pendaftaran dilakukan melalui laman https://wirausahamerdeka.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/.Mengisi data diri dari nama, tempat tanggal lahir, Nomor Induk Kependudukan yang tervalidasi, serta Nomor Induk Mahasiswa sesuai dengan data di PDDIKTI.Memastikan data kecamatan, kabupaten, dan provinsi di data aplikasi MBKM sesuai dengan alamat PT asal mahasiswa.Menyiapkan surat dan dokumen yang menjadi persyaratan.Memilih Perguruan Tinggi Pelaksana Program sesuai yang diinginkan.Mahasiswa yang dinyatakan tidak diterima tetap bisa mengikuti program dengan memilih perguruan tinggi pelaksana program lainnya dan wajib memenuhi dokumen yang dipersyaratkan.Adapun untuk tanggal-tanggal penting program wirausaha merdeka ini yaitu:Pendaftaran: 20 April-30 Juni 2023Seleksi tes kebhinekaan: 5 Juni-1 Juli 2023Unggah dokumen kelengkapan administrasi: 12 Juni-3 Juli 2023Seleksi validasi dokumen: 12 Juni-5 Juli 2023Seleksi komitmen mahasiswa: 19 Juni-10 Juli 2023Rekomendasi penetapan mahasiswa: 10-14 Juli 2023Rapat pleno penetapan mahasiswa peserta program: 14-17 Juli 2023Penetapan mahasiswa peserta program Wirausaha Merdeka: 17-21 Juli 2023Informasi penting lainnya dapat diakses di laman resmi https://wirausahamerdeka.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/info/. “Buat mahasiswa UNESA maupun mahasiswa kampus lainnya untuk menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, kembangkan diri dan dapatkan pengalaman sebanyak-banyaknya. Tingkatkan kualitas diri, melalui program wirausaha merdeka,“ ucap Dr. M. Jacky, Sos., M.Si., selaku Kasubdit Merdeka Belajar Kampus Merdeka UNESA. []
***
Penulis: Hasna
Editor: @zam Alasiah*
foto dari https://wirausahamerdeka.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/