05 June 2023


Unesa.ac.id, SURABAYA--Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama dengan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin di Ruang Sidang, Rektorat, Kampus Lidah Wetan, Surabaya pada Senin (5 Juni 2023).
Kerja sama keduanya ini menyangkut bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. MoU tersebut ditandatangani Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., Rektor UNESA dan Prof. Dr. Ahmad, S.E., M.Si., Rektor ULM., yang disaksikan jajaran wakil rektor dua belah pihak.
Menurut Cak Hasan, kolaborasi dengan sesama perguruan tinggi negeri harus dilakukan, mengingat banyak program yang bisa disinergikan dan dilakukan bersama ke depan. "Kolaborasi ini bagian dari strategi kita untuk beradaptasi di era ketidakpastian ini. Dengan bersama-sama, inovasi bisa kita hadirkan untuk lembaga masing-masing," ucapnya.
Ditambahkan Cak Hasan, ada banyak kerja sama yang bisa dikerjasamakan ke depan, termasuk program MBKM di mana mahasiswa UNESA bisa melakukan pertukaran pelajar di ULM atau sebaliknya. Bisa juga dalam bentuk riset dan publikasi kolaboratif.
Sementara itu Rektor ULM, Prof. Ahmad menyampaikan terima kasih atas kerja sama tersebut. “Pertemuan ini sangat berkesan karena UNESA sudah menerima kami dengan tangan terbuka serta mempersilahkan kami untuk lebih banyak belajar berdiskusi tentang banyak, tata kelola lembaga hingga penguatan riset dan inovasi," ujarnya.
Selanjutnya, kolaborasi ini bisa ditindaklanjuti dalam aspek wirausaha, Indikator Kinerja Utama (IKU), pertukaran antardosen, dan hingga kerja sama aspek pertanian. Dia berharap hubungan antara ULM dan UNESA semakin intensif dan produktif dalam memberikan manfaat kepada masyarakat. “Semoga kami bisa mengikuti langkah-langkah dan strategi Cak Hasan yang telah melakukan sejumlah transformasi di UNESA,” harapnya.
Prof. Dr. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D., selaku Direktur Teknologi, Informasi, Komunikasi, dan Kerja Sama, mengatakan salah satu implementasi dari MoU ini bisa juga terkait aspek kedokteran yang kebetulah UNESA juga sedang mempersiapkan pembukaan prodi-prodi kedokteran untuk Fakultas Kedokteran (FK).
"ULM ini salah satu kampus negeri yang juga unggul bidang kedokterannya. Karena itu kerja sama ini penting dilakukan dan segera untuk direalisasikan. Tidak menutup kemungkinan juga dosen-dosen FK kami join research bersama dosen-dosen Kedokteran ULM," tutupnya. Rapat tersebut diakhiri dengan penyerahan cenderamata antara UNESA dan ULM serta foto bersama. []
***
Penulis: Fionna Ayu Shabrina
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Humas