25 May 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Universitas Negeri Surabaya (UNESA) terus memperkuat sinergi dengan dunia usaha-dunia industri (DUDI). Selain itu juga menjalin kemitraan dengan sekolah-sekolah. Pada Selasa, 24 Mei 2022, UNESA menerima kunjungan SMA Kolese Loyola, Semarang, Jawa Tengah di Lantai 8 Gedung Rektorat Kampus Lidah Wetan, Surabaya.
Pada kesempatan itu, pihak sekolah menyampaikan bahwa minat siswa untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi semakin meningkat, termasuk siswa di sekolahnya. Kebanyakan dari mereka merupakan para siswa yang aktif berorganisasi dan aktif di klub-klub olahraga.
“Rata-rata siswa kami yang mau kuliah ini meraih prestasi di klub dan organisasinya. Selain itu juga ada yang berminat bidang inovasi teknologi. Banyak juga siswa berkebutuhan khusus yang tidak kalah prestasinya dari yang lain,” ujar Antonius Novianto, S.Pd., M.Si., Guru Bimbingan Konseling SMA Kolese Loyola.
Itu membuat pihak sekolah berpikir keras. Ke mana minat siswanya itu diarahkan. Ke kampus mana yang kira-kira potensi siswa-siswinya bisa berkembang dengan baik. Dari sekian banyak kampus, UNESA memiliki paket komplit dan termasuk salah satu kampus yang tepat bagi mereka. Kampusnya para juara itu memiliki bidang unggulan; pendidikan, olahraga, bahasa-seni dan disabilitas.
Karena itulah, salah tujuan dari kunjungan sekolah tersebut adalah untuk mendapatkan informasi yang jelas mengenai jurusan atau prodi di UNESA, prospek ke depan dan jalur menerimanya. Kemudian juga membahas rencana kerja sama.
“Siswa kami sering berprestasi di bidang teknologi dan keolahragaan. Mereka masih kekurangan informasi terkait PTN. Proses seleksi sekaligus tata cara mendaftar ke perguruan tinggi memiliki kendala dengan kebijakan terbaru dari pusat agar memilih satu kampus di daerah asal dan satu kampus di luar domisili,” kata Edi Asmanto, S.Pd., Wakil Kepala Sekolah Bidang Data dan Informasi SMA Kolese Loyola.
“Para siswa ingin memperluas pandangan sekaligus memiliki pengalaman berkuliah di luar domisili sebagai bekal akademis bagi pribadi dan kota asal,” katanya lagi.
Ketua Satuan Admisi UNESA, Dr. Sukarmin, M.Pd., menjelaskan bahwa UNESA mengakomodasi minat pelajar untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Karena itu, tahun ini menambah kuota penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN, SBMPTN dan SPMB. Pada jalur SPMB, UNESA menyediakan jalur prestasi yang bisa dimanfaatkan para siswa-siswi yang berprestasi. [Humas UNESA]
Penulis: Saputra
Editor: @zam*