26 September 2023


Unesa.ac.id, MAGETAN—Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melakukan sosialisasi program studi kampus Magetan di SMA Negeri 1 Magetan, pada Selasa, 26 September 2023. Kegiatan ini diikuti ratusan peserta dari 47 SMA/SMK/SLB se-Kabupaten Magetan
Kegiatan ini disambut baik jajaran Pemkab Magetan. Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Magetan, Drs. Hermawan, M.Si., mengatakan, kegiatan ini merupakan kesempatan bagus bagi sekolah dan siswa untuk mengetahui proyeksi kampus yang ada di Magetan.
"Hadirnya UNESA diharapkan dapat membawa dampak positif bagi SDM dan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan Magetan dan sekitarnya," ucap pria yang menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil itu.
Melalui pendidikan tinggi, lanjutnya, seseorang memiliki pemantik untuk mengubah nasib keluarganya, bahkan dampaknya tidak hanya terbatas pada individu, tetapi juga pada kemajuan Magetan secara keseluruhan.
Bambang Mulya Hartono, S.Pd., M.Pd., Pengawas Sekolah Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Wilayah Ponorogo menyebut, Kampus UNESA Magetan sejalan dengan program pemerintah Jatim yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di daerah.
Hal ini secara langsung akan mendukung peningkatan kinerja sekolah di Magetan yang mana standar pendidikan di sana akan mencakup lulusan yang diterima di perguruan tinggi negeri.
Dia mendorong para sekolah di Magetan untuk segera mempersiapkan berkas yang diperlukan untuk kelanjutan peserta didiknya ke perguruan tinggi. Peserta didik di Magetan yang berprestasi memiliki kesempatan yang baik untuk diterima melalui jalur prestasi yang ditawarkan UNESA.
Ketua DPRD Magetan, Sujatno, menyebutkan, adanya UNESA di Magetan akan berdampak positif bagi masyarakat Magetan dan sekitarnya. Tidak hanya dari aspek pendidikan dan SDM, tetapi juga aspek ekonomi.
Ditambah, lanjutnya, dengan keunggulan UNESA di bidang olahraga menjadi kunci penting bagi kemajuan dunia olahraga dan prestasi olahraga di Magetan. “Dampaknya juga bisa mengarah ke sektor kesehatan seperti stunting misalnya,” ucapnya.
Direktur Kampus di Luar Kampus Utama, Prof. Dr. Sarmini, M.Hum., mengatakan, hadirnya UNESA di Magetan benar-benar untuk memudahkan akses pendidikan tinggi bagi putra-putri daerah di sekitaran Magetan.
"Kuliah gak harus pergi jauh, tetapi bisa belajar di Magetan. Mahasiswa juga bisa belajar langsung menerapkan disiplin keilmuannya untuk menyelesaikan persoalan di daerah lewat berbagai program MBKM yang kami siapkan," ucapnya.
Dia menambahkan, ada banyak jalur penerimaan yang bakal dibuka, salah satunya jalur prestasi yang terdiri dari berbagai kategori. Nah, ini bisa digunakan pelajar atau siswa berprestasi.
Ada tujuh prodi yang ada di Kampus Magetan dan semuanya telah terakreditasi LAM-Dik. Ke depan, tentu bakal ada pembukaan prodi yang ditargetkan bisa sampai 25 prodi. Seluruh informasi terkait Kampus UNESA Magetan dapat diakses melalui laman admisi.unesa.ac.id.
"Harapannya keberadaan kampus UNESA Magetan ini dapat diketahui semua elemen masyarakat tanpa terkecuali," ujarnya yang turut didampingi Direktur Humas dan Informasi Publik. [*]
***
Reporter: Mohammad Dian Purnama
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Humas