14 May 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Guna memperkuat implementasi program RPL Desa yang saat ini tengah berjalan. Badan Pengembangan SDM dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BPSDM), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menandatangani kerja sama di Lantai 8 Gedung Rektorat Kampus Lidah Wetan pada Jumat, 13 Mei 2022.
Kepala BPSDM, Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd., mengungkapkan bahwa setelah RPL Desa berjalan atas kerja sama dengan Pemkab Bojonegoro bersama UNESA dan UNY, pihaknya tengan merencanakan program RPL untuk ASN di daerah. “Rencana ini masih dibahas, yang jelas tujuannya untuk meningkatkan kompetensi para ASN di daerah. Kita beri kesempatan mereka untuk melanjutkan studi lewat program RPL ini,” paparnya.
Dia berharap rencana tersebut bisa berjalan sesuai harapan dan tentu juga butuh dukungan dari banyak pihak. “Rencana ini tentu dibahas dan disinergikan dengan beberapa kampus, termasuk UNESA dan UNY yang saat ini tengah menjalankan RPL Desa,” ucapnya.
Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Profil Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., mengatakan bahwa UNESA mendukung penuh program peningkatan kualitas SDM di desa dan daerah, salah satunya RPL baik untuk SDM desa maupun para ASN. Menurutnya, untuk membangun dan memajukan desa harus berbasis pada semangat kolaborasi.
“Untuk menaikan kualitas desa tentu dengan meningkatkan kualitas SDM-nya. Nah, dalam mewujudkan kualitas SDM, kita sudah punya banyak skema. Ada skema regular artinya studi dengan skema pada umumnya dan ada skema rekognisi pembelajaran lampau (RPL),” paparnya.
Guru Besar Bidang Linguistik itu menambahkan, kerja sama tersebut menjadi semangat bersama dalam memaksimalkan implementasi RPL Desa dan penguatan dalam merencanakan program RPL lainnya. Baginya ini terobosan penting, mengingat tuntutan zaman semakin kompleks yang menuntut peningkatan kualitas SDM di desa dan daerah-daerah.
Acara tersebut dihadiri Kepala BPSDM, Prof. Dr. Luthfiyah Nurlaela, M.Pd beserta jajarannya dan Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd serta jajarannya. Selain itu juga hadir Dr. Ir. Widarjanto, M.M. selaku Kepala BBPPM Yogyakarta, Koordinator Hukum Organisasi Tata Laksana Kemendesa, dan Kasubag TU BBPPM Yogyakarta. Ada Prof. Dr. Darni, M.Hum, Kepala LPPM UNESA beserta tim. [Humas UNESA]
Penulis: Hasna
Editor: @zam*