16 February 2024


Unesa.ac.id, MAGETAN—Universitas Negeri Surabaya (UNESA) bersama Pertamina AFT Iswahyudi dan Pemerintah Kota (Pemkot) Magetan menanam 3.000 bibit pohon matoa di halaman Kampus 5 Magetan, pada Jumat, 16 Februari 2024.
Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka meningkatkan green energy dan budaya berkarbonasi, demi terciptanya peningkatan produktivitas oksigen di kota Magetan.
Asisten Bupati Magetan Drs. Benny Adrian ,M.Si., dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan dari hasil kerja sama antara UNESA, Pertamina AFT Iswahyudi, dan Pemerintah Kota Magetan ini merupakan bentuk investasi jangka panjang di bidang pendidikan dan lingkungan.
"Investasi di bidang lingkungan yang sangat penting ini perlu kita lakukan guna mengatasi sekaligus menekan ketimpangan dan kenaikan suhu yang drastis di area kota," ujarnya.
Selaras dengan pernyataan tersebut, Didik Suprayitno sebagai Manajer Pertamina Aviation Fuel Terminal (AFT) Iswahyudi menyampaikan, AFT Magetan ikut andil dalam isu karbonasi.
Program ini, terang Didik, memang sengaja dilakukan demi meningkatkan kualitas oksigen yang bersih. Adapun pohon matoa dipilih karena ia jadi salah satu dari top 7 pohon yang paling banyak menyerap karbon di dunia.
"Kami berharap melalui program ini, pemberdayaan lingkungan dapat dirasakan dalam jangka waktu yang tidak lama lagi," ucapnya.
Direktur Program Studi di luar Kampus Utama (PSDKU) Unesa, Prof. Dr. Sarmini, M.Hum., menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadi bagian dari komitmen kampus 'Rumah Para Juara' dalam meningkatkan kualitas lingkungan yang ada di area kampus Magetan.
Selain itu, sehubungan dengan proses pembangunan Kampus Unesa Magetan, ia menambahkan bahwa dalam jangka pendek nanti akan dibangun foodcourt yang bertempat di belakang gedung utama.
Bahkan setelah penyerahan secara resmi gedung utama Kampus Magetan ke UNESA pada 28 Februari 2024 nanti, tambah Prof. Sarmini, rencananya untuk Dies Natalis UNESA di tahun 2024 akan diselenggarakan di sini.
Dalam acara penanaman 3.000 benih pohon matoa itu dihadiri juga staf ahli BPTI, Yok Sudjarwadi, S.STP., M.Si., Kadis Lingkungan Hidup, Saif Muchlissun, S.Sos., M.M., dan Lanud Iswahjudi, Letkol Mujianto.
Tampak hadir juga Camat Maospati, Muryani, S.Sos., Kapolsek Maospati, Kompol Sumantri, S.H., Danramil Maospati, Kapten Inf. Sunaryo, dan Lurah Maospati, Indra Ariesta Ardy S.STP., M.Si.[]
***
Reporter: Saputra
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Humas