20 February 2024


unesa.ac.id, SURABAYA—Pimpinan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menandatangani Memorandum of Agreement (MoA) dan Implementation Arrangement (IA) dengan delegasi University of Wroclaw, Polandia dan University of Trento, Italia di Ruang Sidang, Gedung 01, FIP, pada Senin, 19 Februari 2024.
Dua delegasi yang dimaksud yaitu Anita Anna Gorynia, Ph.D. dari University of Wroclaw dan Vladimir Danchuk dari University of Trento. Mereka menandatangani MoA dengan Dekan FIP Prof. Dr. Nursalim, M.Si yang dilanjutkan teken IA dengan jajaran koordinator prodi.
Dalam sambutannya, Dekan FIP Prof. Dr. Nursalim, M.Si., mengatakan, bahwa kolaborasi yang terjalin merupakan komitmen FIP untuk membina kemitraan internasional. Selain itu, juga untuk meningkatkan peluang bagi mahasiswa maupun civitas academica FIP pada umumnya untuk mengembangkan diri dan menggali pengalaman, membangun jejaring internasional.
"Saya mengajak kepada seluruh jajaran untuk benar-benar memanfaatkan kesempatan kerja sama ini dan berkomitmen untuk merealisasikannya. Kita harus terus perkuat kolaborasi untuk menjadi yang terbaik dalam bidang pendidikan dan inovasi serta memberikan dampak positif bagi masyarakat," ucapnya.
Pada kesempatan itu, Anita Anna Goryania, menyampaikan bahwa dirinya perlu sharing gagasan, pengetahuan dan pengalaman untuk menciptakan ide baru yang luar biasa. Menurutnya, ada banyak gagasan tentang pendidikan di Polandia dan Indonesia yang bisa dielaborasi.
"Kedua negara memiliki sejarah dan pengalaman implementasi pendidikan yang berbeda, seperti PAUD atau SD misalnya yang tentu perbedaan perspektif ini yang perlu digali bukan untuk memutuskan mana yang lebih baik, tetapi untuk menemukan keunikannya dalam konteksnya masing-masing," ucapnya.
Sementara itu, Vladimir Danchuk menyatakan harapannya untuk dapat berkontribusi bagi UNESA dalam bidang bahasa internasional. Dia berharap untuk dapat berpartisipasi dalam proyek-proyek selanjutnya yang berkaitan dengan bahasa Inggris dan membuat mahasiswa tertarik dengan pembelajaran yang dibawakannya.
Dengan kerja sama tersebut, dua akademisi dari Eropa tersebut bakal memberikan kuliah kolaborasi dengan dosen FIP untuk mahasiswa, juga akan mengikuti seminar, workshop di prodi selingkung FIP.
Kehadiran mereka tersebut diharapkan menjadi kesempatan bagi dosen dan mahasiswa untuk membangun wawasan global dan meningkatkan kemampuan bahasa internasional. Dua narasumber itu juga akan membuat joint research dan joint publication bersama di FIP.
Kegiatan ini dihadiri Dekan FIP, Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si., Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, Sumber Daya, Umum, Kerja Sama, dan Teknologi Komunikasi Informasi, Dr. Andi Kristanto, S.Pd., M.Pd., para koordinator program studi selingkung FIP, baik program sarjana, magister, maupun doktor.[]
***
Reporter: Nelly Najwa/Dede Rahayu Adiningtyas
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Humas