06 March 2024


Direktur Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Kerja Sama UNESA, Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D., memberikan sambutan dalam pertemuan pembahasan kerja sama dengan Huawei ICT Academy di Auditorium Rektorat Kampus 2 Lidah Wetan, (5/3/2024)
Unesa.ac.id, SURABAYA—Menindaklanjuti kesepahaman kerja sama sebelumnya, pimpinan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan petinggi Huawei ICT Academy mengadakan pertemuan penguatan kerja sama di Auditorium, Lantai 11 Rektorat, Kampus 2 Lidah Wetan, Surabaya pada Selasa, 5 Maret 2024.
Direktur Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan Kerja Sama UNESA, Prof. Slamet Setiawan, M.A., Ph.D., menerangkan kerja sama kedua pihak sudah dilakukan sebelumnya. Kesempatan ini lebih pada pembahasan rencana tindak lanjutnya.
Ditambahkan Prof Slamet-sapaan akrabnya-kerja sama ini berkaitan dengan pengembangan talenta muda bidang teknologi informasi dan digital. Menurutnya, mahasiswa sekarang harus dibekali dengan skill teknologi informasi dan digital sebagai modal penting mengarungi era teknologi.
"Saat ini kita menghadapi era digitalisasi, sebagai salah satu penopang masa depan bangsa. Mahasiswa melek teknologi dan memiliki kompetensi yang tidak hanya berdasarkan mata kuliah, tetapi juga kompetensi tambahan seperti IT," jelasnya.
Apapun pekerjaanya sekarang, lanjutnya, selalu berhubungan dengan IT, mahasiswa akan dibekali dengan keterampilan ICT melalui Huawei ICT Academy. "Yang menariknya adalah pelatihan ini gratis dan memiliki sertifikat kompetensi, siapapun yang punya kompetensi itulah yang memiliki kesempatan luar biasa," ucapnya.
Kegiatan ini juga dihadiri jajaran koordinator prodi di setiap fakultas. Tujuannya, agar pada dosen yang berkompeten untuk melakukan pelatihan dan membentuk kelas untuk mahasiswa belajar tentang ICT secara intens. Harapannya, agar kegiatan ini berjalan masif dan menyasar mahasiswa di masing-masing prodi.
Ir. Rayi Pradono Iswara, M.Sc, ICT Talent Ecosystem Development Manager Huawei dan Steven Setiawan, ICT Talent Ecosystem Development Huawei paparkan program dan rencana kerja sama di hadapan pimpinan, direktur, kasubdit, kasi dan koorprodi selingkung UNESA.
Ir. Rayi Pradono Iswara, M.Sc, ICT Talent Ecosystem Development Manager Huawei, , menjelaskan bahwa Huawei ICT Academy merupakan program pendidikan yang diselenggarakan oleh perusahaan teknologi Huawei untuk memberikan pelatihan, sertifikasi, dan pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kepada mahasiswa.
"Masyarakat umum mengetahui Huawei sebagai perangkat teknologi seperti gadget, laptop, earphones. Namun, Huawei juga memiliki ICT Academy yang memiliki sistem pembelajaran dan pelatihan yang terstruktur, sistematis yang bisa digunakan civitas academica," bebernya.
Huawei ICT Academy difokuskan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa di berbagai universitas di Indonesia, salah satunya UNESA. Baginya, tuntutan perubahan menuntut mahasiswa memiliki kompetensi IT yang kuat sesuai standarisasi dunia industri.
Huawei ICT Academy juga memiliki program "IT for Non IT" dibentuk khusus bagi program studi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang berkeinginan mempelajari IT.
Steven Setiawan, ICT Talent Ecosystem Development Huawei melanjutkan, program-program yang ada di Huawei ICT Academy, salah satunya, Huawei Talent Pool Platform yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk mendapatkan course certificate yang nantinya bisa digunakan di dunia kerja, usaha dan industri.
Selain itu, Huawei ICT Academy memiliki kompetisi bagi mahasiswa, baik itu di tingkat universitas, nasional, regional, dan internasional. Sebagai tambahan, kegiatan ini dihadiri Kasubdit Kerja Sama dalam Negeri, Kasubdit Pembelajaran Digital, Kasi Artificial Intelligence dan Teknologi, Kasi Prestasi dan Jalur Khusus Mahasiswa serta koorprodi D-4, S-1, S-2, dan S-3 selingkung UNESA. []
***
Reporter: Lina Lubabatul Karimah (FBS)
Editor: @zam *
Foto: Dokumentasi Tim Humas