12 March 2024


STYLE: salah satu busana karya kelompok Burgundy dalam RECIPROCAL 2024
Unesa.ac.id, SURABAYA—Beragam busana karya mahasiswa D-4 Tata Busana, Fakultas Vokasi, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) memanjakan mata pecinta fashion dalam 2nd Annual Fashion Show off Vocational Fashion Design 2024" bertajuk ‘RECIPROCAL’ di Oval Atrium Ciputra World Mall Surabaya pada Sabtu, 9 Maret 2024.
Kegiatan yang melibatkan 25 mahasiswa dengan 50 karya busana ini dikemas oleh 6 kelompok yang masing-masing dari mereka terbagi dalam dua tema besar yakni Symbiotic dan Borderless.
Symbiotic merupakan tema yang memiliki banyak wacana dan kebebasan dalam berinspirasi. Setiap karya terampil yang dipoles dari tema ini menimbulkan kesan lebih berani dengan penuh warna yang authentic.
Beragam corak dan jenis bahan dapat diterapkan, dari yang halus dan lembut, hingga bahan yang kaku namun kokoh. Gaya arty off beat dari tema ini sangat terasa dengan perpaduan multi styles.
MEMUKAU: salah satu karya busana kelompok ‘Navi’ dalam RECIPROCAL 2024
Dalam tema Symbiotic ada tiga kelompok yakni Yellow, Navy, dan Broken White dengan inspirasi busana yang mengkombinasikan hubungan alam dan manusia.
Kelompok Yellow memadukan warna kuning cerah dan biru tua, referensi berbagai warna bunga ketika mekar di tiap-tiap musimnya. Lalu ada kelompok Navy yang menyuguhkan desain dengan unsur hewan seperti sisik ular dan kerang laut, yang kemudian dibalut dalam warna biru dan abu-abu.
Sementara kelompok Broken White mengkombinasikan warna abu-abu, putih, dan coklat keemasan sebagai simbol dari burung merpati. Pada busana salah satu model terdapat jubah mewah di bagian punggung dengan motif yang indah.
FRESH: salah satu karya busana kelompok ‘Fuchia’ dalam RECIPROCAL 2024
Sedangkan Borderless jadi tema yang menggambarkan secara jelas kombinasi tanpa batasan waktu dan tempat, serta saling mengenal dan berbagi. Motif-motif dari tema ini memadukan gaya east and west yang menjadi ciri khas budaya Asia, kemudian dikombinasikan dengan ragam warna secara harmonis dan lebih terang.
Kelompok yang berada dalam lingkup Borderless yaitu Burgundy, Fuchia, dan Nude. Kelompok Burgundy tampil dengan balutan dominasi warna ungu dan sedikit warna abu-abu. Mereka mengkombinasikan corak dan motif yang ada di sarung-sarung khas Aia, dengan setelan jas dan gaun pesta.
Kemudian ada Fuchia yang busananya tampak elegan dalam warna pink cerah dan hitam. kelompok Fuchia menampilkan perpaduan kain songket dengan jas, baju koko, dan gaun pernikahan.
ELEGAN: salah satu busana karya kelompok ‘Nude’ dalam RECIPROCAL 2024
Lalu untuk kelompok Nude, perpaduan antara warna coklat keemasan dengan warna cream sangat cocok untuk menggambarkan suasana padang pasir yang ada di asia timur.
Koordinator Prodi D-4 Tata Busana yang sekaligus dosen pembimbing, Dr. Irma Russanti, S.Pd., M.Ds., mengatakan, acara ini merupakan bentuk kombinasi antara gaya, budaya, dan estetika yang menjadi satu.
Kegiatan ini penting dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap mahasiswa yang telah berjuang menyelesaikan karya busana terbaiknya. “Semoga dengan fashion show kali ini, mahasiswa makin semangat mengembangkan kompetensinya sehingga lulus nanti siap action di dunia industri fashion,” harapnya. (*)
***
Reporter: Saputra (FBS)
Editor: @zam*
Foto: Dokumentasi Tim Humas