19 March 2024


Mahasiswa yang tergabung dalam HMP Musik FBS persembahkan performa musik di hadapan mahasiswa UNESA.
Unesa.ac.id, SURABAYA–Guna peringati hari musik nasional yang jatuh pada 9 Maret 2024, Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Musik Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) gelar pertunjukan musik bertajuk Muse In Joglo pada 19 Maret 2024 di Joglo FBS, Kampus 2 Lidah Wetan, Surabaya.
Didik Nurhadi, M.Pd., M.A., Ph.D., Wakil Dekan Bidang Pembelajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Kemahasiswaan, dan Alumni FBS mengatakan kegiatan ini merupakan ajang ekspresi mahasiswa dari latihan dan pembelajaran sehari-hari.
“Musik merupakan ekspresi budaya yang universal. Kegiatan ini merupakan wadah mahasiswa untuk mengekspresikan semangat mereka di bidang musik dan ajang unjuk diri dari mahasiswa,” ujarnya.
Agus Suwahyono, S.Sn., M.Pd., Koorprodi S1 Musik mengatakan bahwa pertunjukan musik yang baru dilaksanakan pertama kali ini diikuti oleh 10 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) prodi Musik.
“Terdapat 10 UKM yang tampil hari ini, ada dari UKM Keroncong, Percussion, Band & Dangdut, Guitar Ensemble, Keysmate, Unesa String Chamber, Brass & Woodwind, Unesa Symphony Orchestra, Gita Pramawisesa, dan Music Production,” jelasnya.
Tak hanya mahasiswa, tambahnya, pertunjukan musik ini juga menampilkan pertunjukan dari dosen prodi Musik. Tampak ramai akan penonton, kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen selingkung FBS UNESA.
Dosen Prodi S1 Musik FBS persembahkan performa musik di hadapan mahasiswa UNESA.
Hyasaya Kana sebagai Ketua Pelaksana menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja HMP yang bertujuan untuk menampilkan bakat dan semangat mahasiswa dalam bidang musik.
“Kami terinspirasi untuk membuat acara ini sebagai bentuk apresiasi kami terhadap Bulan Musik Nasional, sekaligus sebagai panggung perdana untuk 10 UKM yang baru terbentuk beberapa bulan lalu,” ungkapnya.
Selain sebagai sarana ekspresi dan perayaan, acara ini juga memiliki misi sosial dengan mengadakan penggalangan dana untuk anak yatim piatu. “Kami berharap melalui donasi yang terkumpul, kami bisa memberikan kontribusi positif kepada masyarakat,” tambahnya.
Menariknya, ‘Muse in Joglo’ tidak hanya melibatkan mahasiswa aktif, tetapi mengundang alumni untuk berpartisipasi. Hal ini bertujuan untuk menambah kemeriahan acara dan memperkuat jalinan antara mahasiswa dan alumni.
Mahasiswa yang sekaligus menjabat sebagai ketua HMP Musik ini berharap kegiatan ini dapat menjadi ajang promosi terhadap prodi S1 Musik dan UKM Musik di UNESA, terutama setelah masa pandemi yang sempat membatasi kegiatan mahasiswa.[]
Reporter: Sindy Riska(FISH)/Erza Angel (FISH)
Editor: @zam* (FIP)
Foto: Dokumentasi Tim Humas