20 March 2024


Jajaran pengurus DWP UNESA foto bersama di sela kegiatan Tausiah Ramadan di Rektorat
Unesa.ac.id SURABAYA—Keluarga besar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menggelar Tausiah Ramadan dengan tema "Meraih Berkah Ramadan Bersama Keluarga" di Meeting Room Lantai 10 Rektorat, Kampus 2 Lidah Wetan pada Rabu, 20 Maret 2024.
Kegiatan penuh kehangatan ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang mengalun syahdu, diikuti pemutaran lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars DWP. Semangat kebangsaan serta keagamaan turut meramaikan ruangan.
Sambutan hangat juga disampaikan Ketua DWP UNESA, Dra. Endah Purnomowati Nurhasan, M.Pd. dan Ketua DWP FMIPA UNESA, Dyah Kurniawati, S.Pd. Dalam sambutannya, Ketua DWP UNESA menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu cara mengisi bulan suci Ramadan.
Ketua DWP UNESA menyampaikan beberapa penguatan dalam Tausiah Ramadan
Tujuannya untuk memperkuat rasa kekeluargaan seluruh keluarga besar DWP dan memperkuat motivasi saling berbagi dan melakukan kebaikan di bulan puasa. “Semoga yang kita lakukan ini menambah value diri kita secara pribadi, sebagai pendamping suami dan sebagai bagian dari UNESA,” ucapnya.
Tausiah keagamaan ini disampaikan Prof. Dr. Mutimmatul Faidah, S.Ag., M.Ag. atau yang lebih akrab dikenal Prof Mutim. Dalam tausiahnya, Prof Mutim menjelaskan tentang bagaimana meraih berkah ramadan bersama keluarga dengan menunaikan ibadah bersama seperti menyiapkan buka puasa bersama, sahur bersama, sholat maghrib berjamaah, salat tarawih bersama, berdoa memohon ampunan bersama dan lain sebagainya.
Prof. Dr. Mutimmatul Faidah, S.Ag., M.Ag., menyampaikan tentang peran penting perempuan baik dalam rumah tangga maupun di tempat kerja.
Dia menekankan peran ibu dalam mendidik anak, dengan mengutip pepatah bahwa "Ibu adalah sekolah pertama bagi anaknya". Dia juga memberikan wawasan tentang dinamika hubungan suami-istri selama Ramadan, menyoroti cara mengatasi konflik dalam keluarga saat bulan puasa, serta mengulas amalan-amalan utama yang bisa dilakukan bersama keluarga selama Ramadan.
Selain tausiah, DWP juga menampilkan sisi kepedulian sosialnya dengan kegiatan santunan kepada anak yatim, memupuk rasa empati dan kepedulian terhadap sesama. Kemudian, di antara khidmatnya suasana, para tamu undangan pun turut menyumbangkan kehangatan dengan bersama-sama menyanyikan sholawat nabi.
Keluarga besar DWP UNESA mengabadikan momen kebersamaan usai Tausiah Ramadan
Tidak ketinggalan, momen interaktif dengan adanya sesi tanya jawab diikuti dengan antusias. Bahkan, keceriaan semakin terasa dengan hadiah-hadiah doorprize yang berhasil mengundang senyuman pada wajah para tamu undangan.
Tausiah Ramadhan DWP UNESA tidak sekadar menjadi forum untuk meraih ilmu dan pengalaman kerohanian, tetapi juga menjadi panggung kebersamaan dan kekeluargaan jalan keberkahan bulan suci Ramadan. Suatu perayaan kehangatan dan inspirasi yang tak akan terlupakan bagi keluarga besar DWP UNESA.[]
***
Reporter: Prismacintya Rachmatika (FBS)
Editor: @zam*
Foto: Dokumentasi Tim Humas