23 March 2024


Wahana hiburan anak, bianglala menjadi salah satu yang menarik perhatian pengunjung Ramadan Carnival UNESA
Unesa.ac.id, SURABAYA—Dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadan, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menggelar Ramadan Carnival. Kegiatan ini berlangsung selama satu minggu dari Jumat-Kamis, 22-28 Maret 2024 di Halaman Utama Rektorat, Kampus 2 Lidah Wetan.
Ramadan Carnival ini dibuka dengan berbagai rangkaian kegiatan salah satunya ajang unjuk hasil karya mahasiswa dari unit kegiatan mahasiswa atau UKM UNESA. Beragam karya dari berbagai bidang studi dipamerkan, mulai dari karya inovasi UKM Mobil Listrik Garnesa, UKM Robotic, dan UKM Aeromodelling.
Penampilan mahasiswa dari bidang seni juga turut disuguhkan, yakni dari UKM Hapkido, Jujitsu, Keroncong Cakra Swara, dan Brass & Woodwind Ensemble UNESA. Hal ini tidak hanya menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk memamerkan bakat dan kreativitas, tetapi juga untuk menginspirasi dan memotivasi mahasiswa lain dan pengunjung.
Direktur Kemahasiswaan dan Alumni UNESA, Dr. Muhamad Sholeh, M.Pd., memberikan sambutan dalam Ramada Carnival UNESA
Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Surabaya, Dr. Muhamad Sholeh, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan ini bermula dari keinginan mahasiswa UKM agar bulan Ramadan bisa diisi dengan kegiatan kreativitas mahasiswa dengan melibatkan seluruh UKM UNESA.
Selain itu, mahasiswa ingin agar Ramadan ini lebih menjadi momentum memperkuat hubungan warga kampus dengan warga sekitar. Karena itulah, kegiatan ini kali ini tampak berbeda dengan festival kampus pada umumnya dan sebelumnya, di mana banyak wahana mainan anak anak seperti bianglala, ayunan berputar, permainan tradisional lainnya.
Mahasiswa UNESA menjajaki olahraga panah, salah satu wahana permainan-olahraga yang ada di Ramadan Carnival UNESA
“Ada juga pameran UKM dari mahasiswa sebagai hiburan ngabuburit mahasiswa, alumni, tenaga kerja, hingga masyarakat sekitar. Ini merupakan salah satu cara mahasiswa UNESA menyapa masyarakat sekitar untuk datang ke UNESA,” ucapnya.
Berbagai wahana permainan dan pertunjukan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, sehingga lapangan rektorat tampak ramai dan dipadati pengunjung. Mereka menyatakan kegembiraan mereka atas kesempatan untuk bersatu, merayakan keindahan budaya, serta mempererat tali persaudaraan dalam suasana Ramadhan yang penuh keceriaan.
Mahasiswa UKM Mobil Listrik Garnesa, Fakultas Teknik pamerkan mobil yang mereka andalkan di berbagai kejuaraan tingkat nasional dan internasional.
Kegiatan ini juga terdiri dari berbagai perlombaan dan festival akan dilaksanakan pada sore hingga malam hari, dari perlombaan Mobile Legends, PES, Catur, lomba Tahfidz Qur’an, Dakwah, Gelaran Fashion Show, Pameran, Grebek Takjil, Pengajian dan sholawat bersama, serta acara Impersonate Cak Hasan yang akan dilaksanakan di penghujung acara.
“Saya harap seluruh mahasiswa UNESA yang berjumlah banyak itu hadir di acara ini. Ditambah dengan adanya pameran UKM, diusung agar mahasiswa UNESA mengetahui produk produk yang sedang tren dan bangga pada produk dalam negeri. Semoga kegiatan ini menginspirasi, menggerakkan dan memperkuat relasi serta menjadi berkah bagi kita semua,” harapnya. []
***
Reporter: Fadina Zahra (FISH)/Rafa Afifa (FISH)
Kurator: @zam*
Foto: Dokumentasi Tim Humas