05 April 2024


Dekan Fakultas Teknik (FT) bersama jajaran mitra menghadiri peresmian Unit Bisnis Otomotif dan Produksi UNESA (BOPONESA)
Unesa.ac.id, SURABAYA–Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP), Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik (FT) UNESA meresmikan Unit Bisnis Otomotif dan Produksi UNESA (BOPONESA), pada Jumat, 5 April 2024. Peresmian ini dilaksanakan di Lab Sepeda Motor Gedung A8 FT, UNESA Kampus 1 Ketintang, Surabaya.
Bengkel motor BOPONESA merupakan sebuah unit bisnis di bawah naungan prodi S-1 Pendidikan Teknik Mesin FT yang bekerja sama dengan beberapa mitra eksternal.
Dekan FT, Dr. Maspiyah, M.Kes., menyampaikan bahwa FT telah memiliki beberapa unit usaha lainnya, seperti BOGANESA, salon kecantikan, busana, dan kini bertambah dengan bengkel motor BOPONESA.
Dia mengungkapkan bahwa unit bisnis tersebut menjadi wadah mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin untuk melakukan praktik dan merintis usaha.
“Bengkel ini sekaligus menjadi tempat praktek mahasiswa. Pelanggan sudah dipastikan ada, semoga mahasiswa yang praktek nanti dapat menjaga kualitas dan profesionalitas dari Boponesa,” ungkapnya.
Koorprodi Pendidikan Teknik Mesin, Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd., menjelaskan bahwa proses pengembangan BOPONESA sudah dilaksanakan sejak November 2023 dan dilaksanakan dengan melakukan kolaborasi dengan beberapa mitra.
Jajaran pimpinan Fakultas Teknik, mitra, dosen dan pengurus HMP Pendidikan Teknik Mesin
Wahyu menjelaskan terdapat 3 mitra yang bekerja sama dengan Pendidikan Teknik Mesin UNESA dalam rangka membuat unit bisnis ini, yaitu PT FUBORU Indonesia, CEPSA, dan BTN.
“Semoga makin banyak sinergi yang terjalin antara Pendidikan Teknik Mesin FT UNESA dengan mitra-mitra eksternal. Sehingga bengkel ini dapat menjadi pelopor di bidang otomotif dan akan bertambah lagi di bidang produksi dan las, sekaligus dapat meningkatkan IKU prodi,” ujarnya.
PT FUBORU, lanjutnya, melakukan kerja sama dengan memasok suku cadang otomotif yang berfokus pada kendaraan bermotor. Kemudian CEPSA dengan produk oli, dan BTN terkait dengan kebutuhan transaksi dan media pembayaran.
Ketua HMP Pendidikan Teknik Mesin FT, Andre Saputra, menjelaskan bahwa BOPONESA sepenuhnya akan dikelola oleh mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin dari seluruh angkatan, baik alumni maupun mahasiswa aktif.
“Himpunan mendukung penuh unit bisnis ini, kami akan membuat beberapa event seperti servis gratis dan kegiatan lain yang bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa UNESA.
Seluruh pelayanan akan dilakukan oleh mahasiswa, sekaligus menjadi wadah untuk belajar berwirausaha dan dapat menjadi bekal setelah lulus nanti,” ucapnya.
Andre membeberkan layanan apa saja yang disediakan oleh bengkel motor Boponesa, yakni terdiri dari servis ringan, tune up, ganti oli, ganti aki, injektor cleaner, dan konsultasi kendaraan.
Dia menjelaskan, informasi terkait layanan dapat dilihat pada Instagram @hmpptm_ftunesa atau langsung mengunjungi bengkel motor BOPONESA di Gedung A8 FT UNESA. Peresmian ini dihadiri mitra, sponsor, wakil dekan, pembina kemahasiswaan, dosen, dan mahasiswa selingkung FT UNESA.[]
***
Reporter: Erza Angelia Putri (Fisipol)
Editor: @zam* (FIP)
Foto: Dokumentasi Tim Humas