10 June 2024


Dekan FIP, Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si., meninjau satu per satu booth pameran mahasiswa BK di Pendopo FIP UNESA.
Unesa.ac.id, SURABAYA – Sebagai implementasi Merdeka Belajar, mahasiswa S-1 Bimbingan Konseling (BK) FIP UNESA untuk pertama kalinya melaksanakan Gelar Karya 2024 di Pendopo Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Kampus 2 Lidah Wetan, pada Senin, 10 Juni 2024.
Kali ini, gelar karya dipersembahkan oleh mahasiswa angkatan 2023 dari 8 kelas yang menampilkan berbagai karya kreatif dan inovatif dengan total 64 produk yang ditampilkan, di antaranya ada aplikasi, website, video pembelajaran, dan modul.
Dalam sambutannya, Bambang Dibyo Wiyono, S.Pd., M.Pd., selaku dosen pengampu mata kuliah Teknologi Informasi dan Media Bimbingan Konseling menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan desain sedari awal perkuliahan yang luarannya berbasis proyek.
"Saya berharap kegiatan ini tidak hanya berhenti pada pameran hari ini, tetapi terdapat pengembangan-pengembangan yang lebih baik lagi sehingga dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan mahasiswa," ucapnya.
Dekan FIP UNESA, Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si., mengapresiasi kegiatan ini karena merupakan gelar karya Prodi BK yang pertama kalinya.
"Tentunya karya-karya mahasiswa ini tidak hanya berhenti di sini, tetapi akan dipamerkan pada event-event lainnya sehingga karya kita akan dikenal dan dimanfaatkan oleh stakeholder masyarakat termasuk guru BK dan pengamat BK," ucapnya.
Pimpinan dan dosen FIP membersamai mahasiswa dalam Gelar Karya 2024.
Salah satu produk yang menarik perhatian pengunjung adalah media pembelajaran berbasis permainan ular tangga karya Mayda Nurul Habibah dan kelompoknya dengan tema "Leader of Discipline" yang mengajarkan peserta didik untuk memahami kedisiplinan yang dikemas dalam permainan anak.
"Media pembelajaran ini kami ciptakan sebagai solusi atas permasalahan yang ada saat ini, yaitu tentang menurunnya kedisiplinan anak di sekolah, sehingga diharapkan permainan ini dapat menjadi media pembelajaran yang seru dan menyenangkan bagi anak," tandasnya.
Talitha Hasnabila Firjatullah, selaku ketua panitia kegiatan Gelar Karya 2024, menyampaikan bahwa karya-karya ini telah dikerjakan sejak awal semester 2 dengan tujuan memperlihatkan kepada pihak eksternal yang mungkin berminat mengajak kerja sama.
Selain itu, dapat menarik perhatian klien potensial dan membawa karya tersebut ke ranah yang lebih luas. Talitha menekankan bahwa acara ini diselenggarakan oleh Prodi BK.
Dia berharap karya-karya yang telah dibuat oleh mahasiswa angkatan 2023 dapat bermanfaat. "Kami berharap karya-karya ini dapat mengasah kreativitas teman-teman, sehingga mereka tidak berhenti di sini saja, tetapi juga berpikir untuk mengembangkan kemampuan mereka lebih jauh," tuturnya.
Dengan adanya Gelar Karya 2024, diharapkan mahasiswa BK dapat menunjukkan potensi mereka dan menjalin kerja sama yang lebih luas, serta meningkatkan kreativitas dalam bidang BK.[]
***
Reporter: Mochammad Ja'far Sodiq (FIP)/Sindy Riska Fadillah (Fisipol)
Editor: @zam*
Foto: Dokumentasi tim HUMAS UNESA