12 April 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA - Bersama 12 LPTK lainnya, Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu (LP3M) UNESA kembali mendapat amanah dari Direktorat Jenderal Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemendikbudristek untuk melaksanakan seleksi akademik bagi calon mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) Tahun 2022.
Seleksi akademik diikuti sebanyak 1.590 peserta yang terbagi ke dalam lima periode pelaksanaan. Periode pertama dilaksanakan pada 9-10 April 2022. Periode kedua dilaksanakan pada 12-13 April 2022. Periode ketiga dilaksanakan pada 17-18 April 2022. Periode keempat pada 20-21 April 2022 dan periode kelima pada 23-24 april 2022.
Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, seleksi dilakukan secara daring berbasis domisili. Kendati demikian, proses seleksi tetap dilakukan secara maksimal. Guna memastikan itu semua, sebelumnya UNESA memberikan panduan pelaksanaan bagi peserta dan pengawas PPG Daljab 2022.
Panduan bagi peserta dimaksudkan sebagai petunjuk teknis terkait apa saja yang harus dipersiapkan peserta dalam mengikuti seleksi akademik bakal calon mahasiswa PPG. Panduan ini menjelaskan secara spesifikasi perangkat yang harus disiapkan, tata tertib saat ujian, kewajiban untuk mengikuti uji coba, dan aturan lain yang perlu diperhatikan peserta saat mengikuti seleksi akademik. Selain itu, juga ada proses pendampingan uji coba sistem SEB berbasis domisili sehari sebelum pelaksanaan kegiatan seleksi berlangsung.
Di samping itu, panduan bagi pengawas dimaksudkan sebagai prosedur operasional baku (POB) yang harus dilakukan oleh pengawas sebelum, saat, dan setelah pelaksanaan seleksi akademik calon mahasiswa PPG Daljab. Pengawas harus memiliki kompetensi dan keterampilan dalam IT, harus mengikuti pelatihan dan briefing pengawas yang dilaksanakan panitia pusat dalam hal ini oleh UNY, memahami tugas, hak, dan kewajiban secara baik.
“Dengan demikian, diharapkan peserta lebih siap secara mental dan fasilitas untuk mengikuti ujian. Pengawas juga bisa menjalankan tugas kepengawasan secara baik dan bertanggung jawab,” ujar Kepala Pusat PPG, Fatkur Rahman Kafrawi. Pelaksanaan seleksi akademik periode pertama dan kedua berjalan lancar dan diharapkan lancar serta sukses hingga akhir. [Humas UNESA]
Penulis: Tim PPG dan Novita
Editor: @zam*
Foto : Dokumentasi pribadi