09 July 2024


Wakil Unesa Prof. Dr. Endang Susantini berfoto bersama rektor UKSW dan para wakil Perguruan Tinggi Co-Host.
SURABAYA—Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melalui Direktorat Inovasi, Pemeringkatan dan Publikasi Ilmiah (IPPI) mengikuti Gelar Harmoni Nusantara Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga pada tanggal 25-27 Juni 2024. Pada acara tersebut digelar pameran inovasi yang diikuti oleh beberapa perguruan tinggi di Indonesia.
UNESA berperan aktif sebagai salah satu Co-Host pada acara tersebut bersama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Maranatha, Universitas Parahyangan, Universitas PGRI Semarang, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Politeknik Bisnis Bandung dan lainnya.
Rektor UKSW Salatiga Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si., menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada UNESA sebagai co-host pada acara tersebut.
Rektor Wanita pertama UKSW tersebut menyampaikan pesan pada pidato sambutannya agar perguruan tinggi senantiasa menjalin kerja sama dan saling mendukung agar bisa bersama-sama memajukan pendidikan di Indonesia.
Pada kesempatan pameran tersebut wakil dari UNESA Prof. Dr Endang Susantini sebagai Kasubdit Pengembangan Inovasi Pembelajaran dan PUI berkesempatan berdiskusi dengan para pemimpin dan wakil perguruan tinggi pada gelaran tersebut.
Booth UNESA dengan sejumlah inovasi dan produk unggulannya.
Para wakil Perguruan Tinggi tersebut berkomitmen untuk bekerja sama dalam memajukan pendidikan di Indonesia dan saling mendukung terhadap kegiatan serupa.
Pada gelaran inovasi tersebut UNESA menampilkan prestasi pemeringkatan dan produk inovasi UNESA yang merupakan hasil dari penelitian pengembangan produk inovasi Direktorat IPPI.
Produk dan inovasi yang dimaksud terdiri dari aplikasi pembelajaran Eduasess, Robot pembelajaran Rhimola dan Push Up Counter. Selain itu Unesa juga memamerkan produk dari Pusat Unggulan Ipteks/PUI Sport and Exercise Research Center/SERC yaitu sport performance wear dan running shoes TAG US.
Sementara itu PUI Disability Innovation Center/ DIC memamerkan kamus signalong dan virtual reality bagi difabel, tak kalah PUI Seni Juga menampilkan media pembelajaran seni dan buku karya seni.
Banyak manfaat dari keikutsertaan UNESA pada acara Gelar Harmoni Nusantara UKSW, selain menjalin komunikasi dan kerja sama dengan Universitas lain juga mengenalkan produk hasil penelitian dan produk PUI Unesa agar dikenal masyarakat lebih luas.[]
***
Penulis: tim Direktorat IPPI UNESA
Foto: tim Direktorat IPPI UNESA