09 July 2024


TURNAMEN: Pembukaan International Petanque Turnament Unesa 2024 di lapangan Petanque Unesa, Kampus Lidah Wetan Surabaya, Kamis (4/7/24).
Unesa.ac.id. SURABAYA– Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar Turnamen Petanque Internasional di Lapangan Petanque Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) 4 – 7 Juli 2024. International Petanque Open ini diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis Unesa ke-60 ini menyediakan hadiah uang total ratusan juta rupiah.
Pembukaan turnamen internasional Petanque Unesa 2024 dilakukan oleh Wali Kota Surabaya, yang diwakilkan kepada Kepala Dispora Kota Surabaya, Eringgo Perkasa, Kamis (4/7/2024). Dalam sambutannya, Erigo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Prof Dr Nurhasan M Kes yang menjadikan Kota Surabaya sebagai tuan rumah.
“Kami yakin para generasi muda ada yang memiliki motivasi yang positif, maka masa depan bangsa yang cerah, tangguh dan tetap tegap dari pengaruh-pengaruh negatif, sekaligus mampu mencapai prestasi gemilang di masa depan,” papar Eringgo menyampikan sambutan wali kota.
Turnamen petanque tingkat internasional di UNESA
Sementara Ketua Pelaksana International Petanque Turnament Unesa 2024, Nur Salsabila Rhesa Pandhadha Putra, S.Pd., M.Sc. memaparkan bahwa turnamen kali ini diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis Unesa ke-70 tahun 2024.
“Turnamen ini merupakan kegiatan tahunan, kelanjutan dari turnamen tahun lalu. Selain dalam rangka Dies Natalis Unesa juga bagian dari kami menyemarakkan penyelenggaraan ASEAN University Games (AUG) XXI 2024 di Unesa,” ungkap Nursa.
Disampaikan juga untuk peserta yang berpartisipasi pada turnamen kali ini ada sebanyak 176 tim single, 128 tim double, dan 96 tim untuk triple. “Atlet-atlet Unesa semuanya berpartisipasi dalam turnamen ini, demikian juga atlet dari Jawa Timur.
UNESA sendiri mengeluarkan 16 tim single. Kemudian ada juga dari luar negeri seperti dari Brunei Darussalam, kemudian beberapa provinsi dari Malaysia, dan ada juga perwakilan dari Thailand yang memiliki atlet pétanque juara dunia,” jelas Nursa.
Ditambahkan Nursa bahwa pihaknya menyediakan hadiah total sebesar Rp150 juta. “Ini merupakan turnamen pétanque dengan hadiah terbesar di Indonesia,” pungkasnya.[]
***
Penulis: Abd Rohman
Editor: Abd Rohman
Foto: Abd Rohman