16 February 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Program pertukaran pelajar salah satunya dimaksudkan untuk mendorong mahasiswa mengembangkan potensi, berinovasi serta berkontribusi membangun negeri. Itu yang ditekankan UNESA dalam Welcoming Ceremony Credit Transfer Tarlac University bersama sejumlah perguruan tinggi Indonesia dan Filipina pada Senin, 14 Februari 2022.
Tsurroya, S.S., MA selaku Ketua Divisi Pertukaran Mahasiswa dan Magang Research UNESA menyampaikan bahwa program pertukaran pelajar harus dibarengi dengan sikap yang terbuka dengan perbedaan dan menjadi pembelajar sepanjang hayat. Selain itu, dia menekankan bahwa anak muda harus selalu visioner, kolaborasi dengan berbagai perspektif dan mampu mengangkat nama lembaga di mana pun berada.
Dia berpesan kepada para peserta agar bisa memanfaatkan kesempatan belajar tersebut untuk menambah pengalaman dan meningkatkan kompetensi bidang studi yang ditekuni. “Misalnya belajar di luar negeri, upayakan nanti kembali membawa bekal yang penting baik untuk kita sendiri, kampus kita, keluarga kita bahkan negara kita. Makanya gali ilmu sebanyak-banyaknya, perlua jaringan internasional,” pesannya.
Kegiatan Welcoming Ceremony Credit Transfer Tarlac University, Filipina itu dihadiri jajaran UNESA, Institut Teknologi Surabaya, Universitas IVET Semarang, Universitas Muhammadiyah Parepare serta sejumlah perguruan tinggi di Filipina.
Program pertukaran mahasiswa tersebut diadakan guna mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas. UNESA akan selalu memberikan support bagi peserta untuk mengembangkan diri. Semoga lewat program tersebut, tercipta mahasiswa UNESA yang adaptif dan inovatif serta berjejaring internasional. [Humas UNESA]
Penulis: Riska Umami
Editor: @zam*