05 January 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-LPPM UNESA mengadakan Sosialisasi Panduan Penelitian dan PKM Dana DRTPM 2022 serta Pengusulan Proposal melalui SIMLITABMAS pada Selasa, 4 Januari 2022. Kegiatan tersebut diadakan secara daring dan disiarkan secara langsung di Youtube Official UNESA itu menghadirkan tiga narasumber; Prof. Dr. Okid Parama A., M.S. dari Universitas Sebelas Maret; Dr. Saryono, M.Si. dari Universitas Riau; Dr. Kahar Muzakhar dari Universitas Jember.
Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., menyatakan bahwa kendati kegiatan tersebut rutin diadakan, tetapi ada hal-hal penting yang harus ditekankan. Karena itu, sosialisasi melalui evaluasi tetap dibutuhkan. Dengan sosialisasi setidaknya ada hal-hal baru yang bisa memotivasi dalam mengembangkan inovasi saat ini maupun yang akan datang.
Riset maupun pengabdian masyarakat, tidak hanya menjadi wilayah para dosen, tetapi juga tenaga kependidikan. Sekarang, ada perubahan ke arah fungsional, tendik dituntut juga untuk melakukan riset dan pengabdian kepada masyarakat. “Karena itu, kehadiran Bapak dan Ibu (narasumber, red) menjadi penting dalam pengembangan inovasi di UNESA,” ujarnya.
Dia menambahkan, UNESA memiliki keunggulan dalam olahraga, seni dan disabilitas. Keunggulan tersebut lahir dari kajian, inovasi dan prestasi. Itu memberikan nilai kompetitif bagi UNESA ketimbang perguruan tinggi lain. Keunggulan tersebut tentu harus didukung semua aspek.
Olahraga, seni dan disabilitas, bukan hanya menjadi bagian dari dosen, mahasiswa dan tendik di bidang itu. Namun, sumber daya manusia di fakultas lain bisa menyumbangkan pemikirannya lewat inovasi maupun riset untuk bisa mendukung sehingga bisa menjadi menara keunggulan bagi UNESA. “Nanti keunggulan itu tidak hanya murni di bidang masing-masing, tetapi juga ada keilmuan lain. Era-era ini semua termasuk kurikulum harus mengarah ke sana,” jelasnya.
Sementara itu, Prof. Dr. Darni, M. Hum., menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sosialisasi kedua untuk menyambut proposal 2022. Kegiatan yang pertama dilaksanakan pada Oktober 2021 lalu. Dia berharap proposal dan karya dosen maupun mahasiswa yang telah dipatenkan nantinya mampu menyumbangkan dan meningkatkan jumlah perolehan hibah penelitian untuk lembaga sebagai penunjang kinerja dan pengabdian masyarakat.
Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 209 peserta yang dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik UNESA Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Prof. Dr. Darni, M.Hum beserta jajarannya. [Humas UNESA]
Penulis : Angel
Editor: @zam*