31 December 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA - Universitas Negeri Surabaya (UNESA) kembali memperoleh juara satu dalam program Health Promotion University yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI. Ada 4 program utama yang diusung Unesa yakni No Violence Bullying and Sexual Harassment (NOVIBUSH), Green Environment and Disabled Friendly Initiative (GERI), Comprehensive Campus Physical Activity Program (CCPAP), dan Unesa One-Stop Caring (UNOSCA).
Dalam sesi wawancara dengan Indra Himawan Susanto, S.Or., M.Kes., selaku Divisi pengembangan program Unesa pada selasa (28/12/2021) menuturkan Universitas merupakan institusi pendidikan tinggi yang juga memiliki peran penting dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.
Oleh karena itu, mengadopsi dari naskah ASEAN University Network (AUN) terkait Healthy University, Unesa turut serta dalam mendukung dan menguatkan sistem kesehatan nasional melalui pemberdayaan masyarakat di kampus dengan terselenggaranya instrumen program antara HPU Unesa dengan Kemenkes RI dalam pengembangan Kampus Sehat di Indonesia.
Program yang telah dilaksanakan dari Agustus 2021 ini melibatkan mahasiswa secara aktif dengan dipilihnya finalis duta kampus sehat yang disebut Rangers HPU. Selain mahasiswa, program HPU juga melibatkan Tim HPU, Kampus Mitra, dan seluruh civitas akademika Unesa agar tercipta kampus sehat di Unesa.
"Unesa tertarik mengikuti pendampingan untuk mewujudkan kampus sehat melalui pengelolaan program HPU yang berkelanjutan dan secara mandiri dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan seluruh sivitas Unesa" Tambah Indra.
Kedepannya melalui pendampingan ini juga HPU Unesa dapat memperoleh masukan, dukungan dan juga solusi dalam pelaksanaan program. Selain itu, pendampingan ini juga dapat memperluas hubungan relasi tim HPU dengan penggiat HPU di universitas lainnya yang dapat memudahkan hubungan kerjasama antar universitas dalam mensukseskan proses perwujudan kampus sehat. "Harapannya ke depan HPU unesa ini bisa diterapkan disemua Fakultas dan sebagai program untuk mewujudkan kampus sehat" Tanda Indra. (Nov)