10 December 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA–Perwakilan Kedutaan Australia di Surabaya mengadakan kunjungan ke Kantor UPT Pusat Bahasa Universitas Negeri Surabaya (Pusba UNESA) pada Kamis, 9 Desember 2021. Para diplomat tersebut disambut lansung Kepala UPT Pusat Bahasa, Drs. Suwarno Imam Samsul, M.Pd., dan Sekretaris Dr. Roni, M.Hum.,M.A beserta jajarannya di UNESA Kampus Ketintang.
Salah satu perwakilan, Tandas Yuliani Arifin menyatakan bahwa maksud dan tujuan kunjungan tersebut adalah untuk silaturahmi dan menjalin kolaborasi dalam upaya peningkatakan kualitas penguasaan bahasa Indonesia bagi para diplomat yang bertugas di Indonesia termasuk di Surabaya. “Agar para perwakilan yang bertugas di sini (Indonesia, red) bisa lebih mahir berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam menunjang tugas-tugas kedutaan,” ujarnya.
Sebelumnya, Konsulat Jenderal Australia sudah mengikuti program BIPA level dasar secara online dan offline di Yogyakarta. Namun, pelatihan tersebut dirasa kurang maksimal dan perlu ada peningkatan lagi di program yang dimiliki UNESA.
Suwarno Imam Samsul menuturkan bahwa program BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) UNESA sudah sangat berprogress dan terwadahi dengan baik, serta disesuaikan dengan keadaan yang begitu dinamis. Karena itu, bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang dibantu SDM yang berpengalaman di bidangnya.
Pada kesempatan itu, kedua belah pihak saling berdiskusi dan bertukar pengalaman. Tim dari Kedutaan Australia pun berkesempatan menjelajahi semua sarana dan prasarana Pusba serta berbagai program hingga prestasi dalam beberapa tahun terakhir. Ke depan, dua belah pihak berencana untuk menindaklanjuti hasil diskusi tersebut yang mengarah pada kesempatan kerja sama. [Humas UNESA]
Reporter: Amalia Rizka dan Riska Umami
Editor: @zam*