05 December 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA-Kejuaraan UNESA Triathlon 2021 berjalan sukses. Minggu, 6 Desember 2021 kemarin merupakan hari terakhir terselenggaranya kompetisi nasional itu. Ada enam kategori yang dilombakan, di antaranya Elite Sprint Triathlon, Age Group Sprint Triathlon, Mix Relay, Youth, Elite Duathlon dan Elite Aquathlon.
Pada kategori Elite Sprint Triathlon dan Age Group Sprint Triathlon, peserta harus berenang sejauh 750 m, kemudian bersepeda sejauh 20 km, dan berlari sejauh 5 km. Untuk kategori Mix Relay dan Youth, peserta harus berenang sejauh 300 m, kemudian bersepeda sejauh 7 km, dan dilanjut lari sejauh 2 km.
Pada kategori Elite Dualthlon diawali dengan lari sejauh 5 km, kemudian bersepeda 20 km, dan dilanjut dengan berlari lagi sejauh 2.5 km. Dan untuk kategori terakhir, yaitu Elite Aquathlon diawali dengan berenang sejauh 1 km yang dilanjut dengan berlari sejauh 5 km.
Kategori Elite Sprint Triathlon Men diikuti sebanyak 14 peserta dan 11 peserta untuk women. Untuk kategori Age Group Sprint Triathlon Men diikuti 12 peserta dan tiga peserta untuk woman. Kategori Mix Relay dikuti oleh 6 tim yang masing-masing tim beranggotakan empat orang. Kategori Youth Men diikuti sebanyak enam peserta dan empat peserta untuk women.
Kategori Elite Dualthlon Men diikuti 27 peserta dan lima peserta women. Kategori Elite Aquathon Men sebanyak 10 peserta dan 10 peserta women. Sebagaimana pantauan tim Humas UNESA di lapangan, euforia kompetisi selama tiga hari itu begitu terasa dengan hadirnya para pendukung masing-masing atlet yang bersorak memberikan dukungan. Namun, dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan.
Lomba berjalan kompetitif dan menghasilkan beberapa para juara. Dalam kategori Elite Sprint Triathlon, juara pertama diraih Ronald Bintang Setiawan di kelas Men dan Zahra Bulan Aprillia Putri untuk women. Kategori Age Group Sprint Triathlon, juara pertama diraih Yusri dan Azra Des Mofila untuk women. Kategori Mix Relay, juara pertama diraih Jauhari Johan di kelas Men dan Inge Praseyo untuk kelas women.
Kategori Youth, juara pertama diraih Muh Armyn di kelas men dan Ananda Rintania untuk kelas women. Kategori Elite Duathlon, juara pertama diraih oleh Ronald Bintang Setiawan untuk men dan Zahra Bulan Aprillia Putri untuk women. Kemudian, untuk kategori Aquathlon, juara pertama diraih Rashif Amila Yaqin di kelas men dan Inge Prasetyo untuk kelas women.
Ronald Bintang Setiawan, atlet asal Jawa Timur, yang berhasil menyabet gelar juara pertama dalam dua kategori sekaligus. Ia menyatakan bahwa keberhasilannya itu berawal dari masa persiapannya yang juga maksimal. Ia berlatih selama 2-3 dalam sehari. Awalnya ia adalah atlet lari dan renang, tetapi pada 2018 ia mencoba mengikuti kompetisi triathlon karena sedari kecil juga suka ikut ayahnya bersepeda. “Tidak ada kunci lain ya selain berlatih, terutama berenang. Kemudian jangan takut mencoba terhadap berbagai peluang,” kata pria asal Probolinggo itu.
Usai laga, Zahra Bulan Aprillia Putri asal Jawa Barat menuturkan, awalnya ia mengikuti lomba tersebut karena ajakan pelatihnya dan beberapa teman atletnya. Persiapannya sebelum berlaga hanya lima bulan, itupun waktunya harus dibagi dengan latihan persiapan lainnya.
Zahra Bulan Aprillia memang salah satu atlet unggulan Jawa Barat. Ia peraih emas di PON XX Papua dalam cabor yang sama dan berhasil mengantarkan kontingennya juara umum di cabor Triathlon. “Saya pernah dapat emas dan itu jadi motivasi besar buat saya pribadi untuk meningkatakan prestasi ke depannya. Apapun yang terjadi, saya tidak mau putus asa. Karena, sesuatu yang dilakukan dengan usaha yang extra tidak main-main pula hasilnya,” terangnya semangat.
UNESA Triathlon 2021, awalnya diagendakan pada Juni 2021. Karena kasus gelombang dua pandemi, kompetisi tersebut baru terlaksana pada Desember 2021. Mokh Salis, mahasiswa PKO UNESA yang merupakan Ketua Volunteer Panitia Triathlon UNESA menyatakan bahwa penyelenggaraan lomba tersebut tidak main-main. Sebab, sebagai ajang seleksi atlet berbakat untuk persiapan beberapa ajang olahraga tingkat Asia pada 2022-2023; SEA Games, Asian Games, Asian Beach Games dan World Beach Games. “Karena itu, lomba ini, UNESA meng-hire 105 panitia yang berasal dari kalangan mahasiswa untuk menunjang kesuksesan acara,” terangnya. [Humas UNESA]
Reporter: Nabila & Haliza
Editor: @zam*