17 October 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA-Program Vokasi D-4 Kepelatihan Olahraga Universitas Negeri Surabaya bekerja sama dengan praktisi seni lukis dinding 3D menggelar pelatihan pengembangan bisnis di masa pandemi pada Jumat, 15 Oktober 2021. Kegiatan yang merupakan bagian dari PKM itu diikuti mahasiswa D-4 Kepelatihan Olahraga angkatan 2019-2021 yang dibimbing langsung oleh praktisi lukis dinding 3D.
Kegiatan tersebut bertajuk ‘Pelatihan Pembuatan Wastafel Karakter Bertema Tematik’. Dr. Wijono menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa D-4 dari dasar olahraga. “Dengan tambahan wawasan di luar bidang keilmuan yang diajarkan, diharapkan mahasiswa dapat memiliki kemampuan lebih untuk bisa mengembangkan bisnis ketika menjadi fresh graduate program vokasi,” ujarnya.
Senada dengan yang disampaikan kaprodi Vokasi D4 Kepelatihan Olahraga, salah satu tim dosen yang mengawal kegiatan tersebut, Dr. Moch. Purnomo, M.Kes pada kesempatan itu menyatakan bahwa barang yang sederhana bisa menjadi unik, menarik dan memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi sehingga bagi mahasiswa nantinya ada tambahan pendapatan di tangan mahasiswa yang kratif. “Agar bisa kreatif tentu butuh kolaborasi, nah kami dari dosen D-4 Vokasi siap membantu berupa saran dan arahan kepada para mahasiswa yang mencoba untuk memulai terjun aktif memulai pembuatan bisnis olahraga,” katanya.
Acara yang digelar di D-4 Kepelatihan Olahraga UNESA itu memberikan banyak materi mengenai mekanisme peningkatan pemasaran, kreasi bentuk dan variasi produk wastafel dan langsung dipraktekan oleh para mahasiswa yang mengikuti pelatihan. Kegiatan tersebut juga atas dukungan mitra, CV Amira yang bergerak dalam bidang bangunan menjadi produsen pembuat wastafel.
Westafe yang dibuat dalam pelatihan itu akan dikembangkan menjadi wastafel karakter tematik yang digunakan oleh mahasiswa dalam proses perkuliahan. Tim pengabdian kepada masyarakat dosen D-4 Kepelatihan Olahraga yang diketuai oleh Moch. Purnomo menggelar acara ini untuk memberikan dukungan dan menambah wawasan bisnis kepada mahasiswa. [Humas UNESA*]