15 October 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA –Universitas Negeri Surabaya (UNESA) bekerja sama dengan Universitas Negeri Malang menggelar Seminar Publikasi Ilmiah pada Kamis,14 Oktober 2021 secara virtual. Acara ini dihadiri oleh Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik UNESA, Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd. Koordinator Dosma UNESA dan Prof . Dr. Lia Yuliati, M.Pd Koordinator Dosma UM dan para dosen magang dari dua universitas tersebut sejumlah 48 orang.
Syamsul Sodiq mengungkapkan bahwa seminar ini merupakan kegiatan awal dari 8 perguruan tinggi penyelenggara dosen magang. Pada awal kegiatan dilaksanakan kegiatan bersama secara nasional. “Karena kegiatan belum bisa berjalan, kami dari tim penyelenggara dosen UNESA berkoordinasi dengan tim dosen magang UM dan jadilah kegiatan seminar ini,” katanya.
Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa seminar selanjutnya tentang pembelajaran digital rencananya akan dilaksanakan oleh UM pada 28 Oktober mendatang. Koordinator dosen magang UNESA mengungkapkan bahwa topik tersebut penting diangkat untuk peserta dosen magang.
Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik UNESA mengapresiasi acara tersebut sebagai wujud kolaborasi antara dua universitas. “Dosen magang UNESA perlu tahu juga pemagangan di UM, sebaliknya dosen-dosen magang juga perlu mencari tahu siklus magang di UNESA,” ujarnya.
ia juga menjelaskan bahwa publikasi ilmiah itu penting sekaligus menjadi penciri dosen di perguruan tinggi. “Publikasi merupakan indikator keterukuran seorang dosen di mata publik, dan itu harus dipertanggungjawabkan oleh mereka yang jadi dosen. Saya berharap, para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik,” ucapnya.
Pada seminar tersebut, Sueb, S.Pd., M.Pd bertindak sebagai moderator. Sementara pematerinya yaitu Rooselyna Ekawati, S.Si, M.Sc., Ph.D. selaku Kaprodi Pend. Matematika UNESA dan Ahmad Taufiq, S.Pd., M.Si selaku Ketua Pusat Publikasi Ilmiah UM.
Ahmad Taufiq menyampaikan materi terkait strategi penulisan artikel ilmiah di jurnal international berindeks. Menurutnya, terdapat dua hal dasar yang menjadi bagian indikator kualitas PT dan dosen yaitu, pertama, publikasi nasional dan international bereputasi, kedua, HKI. Ada beberapa tip yang bisa dilakukan untuk menghasilkan riset yang berkualitas di antaranya, dimulai dengan ide yang menarik, mencari tema riset yang up to date, menarik dari berbagai aspek dan bisa dilakukan sesuai fasilitas dan kondisi.
Sedangkan Rooselyna Ekawati, S.Si, M.Sc., Ph.D., pada kesempatan itu menyoroti terkait hambatan dan tantangan yang harus dilalui dalam melakukan publikasi hasil penelitian. Ia juga menerangkan bagaimana jurnal ilmiah ini dapat menarik dan tip serta trik untuk membuat jurnal ilmiah lebih berbobot dan berkualitas tinggi. (Hasna/zam*)