09 September 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA–HUT ke-76 TNI Angkatan Laut jatuh pada 10 September 2021. Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) memperingatinya dengan menyelanggarakan Serbuan Vaksin Covid-19 TNI AL di UNESA Kampus Lidah Wetan pada Kamis (09/09/2021). Kegiatan tersebut mengusung tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.
Pada kesempatan itu, hadir para petinggi STTAL beserta jajarannya dan pimpinan UNESA yang meninjau langsung lokasi vaksinasi dosis pertama jenis Sinovac untuk usia 12 tahun ke atas itu. Kuota vaksin disediakan sebanyak 1.100 dosis. Sasaran vaksinasi adalah seluruh keluarga besar UNESA baik mahasiswa maupun siswa SMA Laboratorium UNESA. Selain itu juga untuk masyarakat umum. Untuk mengantisipasi adanya warga yang datang langsung ke lokasi tanpa melalui registrasi sebelumnya, penyelenggara menyediakan kuota khusus.
Sinergi Wujudkan Herd Immunity
Vaksinasi tersebut, merupakan wujud sinergisitas STTAL dan UNESA dalam menyambut penerapan pembelajaran tatap muka di lembaga pendidikan. Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL), Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M. Phil., mengatakan bahwa serbuan vaksin tersebut adalah untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam program percepatan pemberian vaksin kepada seluruh penduduk Indonesia.
“Dengan akselerasi vaksinasi 70 persen, harapannya terjadi kekebalan komunal atau herd immunity sebagai kunci mengakhiri pandemi di tanah air,” ujarnya di lokasi. Lebih lanjut, Komandan STTAL menjelaskan bahwa serbuan vaksinasi TNI Angkatan Laut di Unesa ini juga merupakan implementasi dari Instruksi Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., untuk membantu pemerintah melaksanakan percepatan penanganan Covid-19.
Hal ini merupakan bentuk perhatian khusus Kepala Staf Angkatan Laut dengan menunjuk langsung Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) untuk bersinergi dengan perguruan tinggi mitra, UNESA dalam mensukseskan program serbuan vaksin tersebut.
Vaksin Sambut PTM di UNESA
Wakil Rektor Bidang Akademik UNESA, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd mengapresiasi atas terselenggaranya vaksinasi massal tersebut. Langkah tersebut, lanjutnya, merupakan langkah penting dan strategis dalam membatasi penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat. “Dengan terbentuknya kekebalan komunal, tentu harapannya adalah bangsa ini sembuh dari pandemi dan aktivitas bermasyarakat dan bernegara bisa kembali normal,” ujarnya.
Vaksinasi tersebut, lanjutnya, sangat membantu UNESA dalam persiapan pembelajaran tatap muka yang rencananya akan diterapkan dalam waktu dekat ini. Sejauh ini, UNESA sudah mematangkan semuanya, mulai dari fasilitas utama dan penunjang prokes hingga skemanya. Untuk kelayakan, SMCC UNESA sudah mengeceknya sejak 6 September 2021.
PTM Bagi Mahasiswa Surabaya Raya dan Angkatan 2020-2021
Untuk minggu ini persiapan PTM terus dimatangkan dan melengkapi kekurangan prasarana agar sesuai SOP. Pihaknya sadar betul, mahasiswa sudah rindu kuliah tatap muka, karena berdasarkan survey yang dilakukan Unesa, mahasiswa menginginkan segera kuliah tatap muka. Sebagai awal, sambil melihat dinamika lapangan dan kondisi status covid di Surabaya, UNESA akan melaksanakan PTM terutama untuk mahasiswa Surabaya Raya, yakni Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik.
Vaksin dan Izin Ortu Syarat PTM di UNESA
Syarat PTM yaitu, mahasiswa harus sudah mendapat suntikan vaksin, taat prokes, dan mendapat izin dari orang tua. Ia mengakui, semua angkatan ingin segera ke kampus. Namun, kampus memberikan kesempatan untuk mahasiswa yang belum pernah merasakan perkuliahan offline, yakni angkatan 2020 dan 2021.
“Saat ini tiap prodi sedang menata jadwal dan pembagian dengan mengedepankan kuota 25 persen dari kapasitas ruangan. PTM Unesa ditargetkan akan dilaksanakan pada 20 September 2021,” ujarnya. Serbuan Vaksinasi TNI Angkatan Laut tersebut didukung oleh Tim Nakes Kodiklatal, yang dipimpin Kasatkes Kodiklatal Letkol Laut (K) dr. Iwan Sutanto, Sp., OT., M.Tr. Hanla., bekerja sama dengan Tim Nakes Poliklinik UNESA dan Bakes STTAL. (Hasna/zam)