06 August 2021


Unesa.ac.id, SURABAYA–UKM UKIM UNESA menyelenggarakan UKIM SOFAIR (PENGMAS) 2021 yang diselenggarakan pada 4–6 Agustus. UKIM Sofair sendiri terdiri dari beberapa rangkaian acara seperti edukasi pandemi Covid-19 melalui edukasi social campaign yang diselenggarakan pada Rabu, 4 Agustus 2021.
Selain itu, juga bakti sosial kepada masyarakat Isoman dan terdampak pandemi Covid-19 pada Kamis, 5 Agustus 2021, dan webinar nasional edukasi pandemi covid19 dengan tajuk menciptakan masyarakat B3 (bijak bercakap dan berperilaku) dalam menanggapi PPKM darurat guna menekan angka penularan covi 19 di Lingkungan keluarga pada Jumat, 6 Agustus 2021.
Dalam sambutannya, Alvian Pramadani selaku ketua pelaksana mengungkapkan bahwa kegiatan bakti sosial dalam bentuk open donasi dan berhasil mengumpulkan sebanyak Rp 920 ribu. Bantuan tersebut diberikan berupa 24 paket sembako terdiri dari beras, sarden kaleng, mie instan, dan vitamin yang disalurkan kepada beberapa masyarakat isoman dan PKL di Ketintang dan Lidah Wetan.
Lebih lanjut, Alvian juga menjelaskan bahwa sekitar 731 peserta yang hadir dalam webinar nasional edukasi pandemi covid19. Acara ini juga dihadiri oleh Dr. Agus Hariyanto, M.Kes. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, dr. Joni Wahyuhadi, Dirut RSUD Dr. Soetomo, dr. Endang Sri Wahjuni, M.Kes. selaku Ketua Poliklinik UNESA dan Dr. Diana Rahmasari, S.Psi., M.Si selaku ketua UCC (Unesa Crisis Center). Acara webinar ini juga dihadiri oleh Muhammad Zainul Arif S.Pd M.Pd selaku pembina UKM.
dr. Endang Sri Wahjuni, M.Kes dalam materinya menjelaskan mengenai bagaimana pola hidup bersih dan sehat selama masa pandemic. Dalam penjelasannya, ia mengedukasi peserta dengan berbagai informasi penting terkait gejala, cara penyebaran dan cara penularan serta cara kerja Covid-19.
Sedangkan dr. Joni Wahyuhadi, yang mewakili gubernur Jawa Timur untuk memaparkan kondisi terkini dan apa yang sebenarnya tengah terjadi selama pandemi Covid 19. Terhitung sejak 3 Agustus 2021. Joni memaparkan bahwa muncul beberapa tren salah satunya kasus konfirmasi yang masih tinggi, rawat inap di RS yang masih tinggi. Namun, cenderung turun, dan beberapa hal lainnya.
Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dalam sambutannya menyampaikan pesan dari Rektor UNESA agar selalu menjaga kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Ia juga berpesan untuk tidak terlalu takut, tetapi juga tidak terlalu percaya diri, dan dan waspada menjadi kunci utama dalam menghadapi kondisi saat ini. “Melalui kegiatan yang diselenggarakan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih dalam terkait kondisi saat ini dan bagaimana masyarakat dapat menyingkapinya,” harapnya. (hasna)