23 July 2021


Unesa.ac.id, Surabaya–Universitas Negeri Surabaya ikut berpartisipasi dalam KKN Kebangsaan dan KKN Bersama BKS PTN Wilayah Barat 2021 di Provinsi Jambi. Dari UNESA ada empat mahasiswa yang terlibat. Mereka dilepas pada acara pemberangkatan mahasiswa KKN Kebangsaan 2021 pada Kamis (22/7/2021) secara daring.
Selain empat mahasiswa dari UNESA, ada sekitar 345 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di luar provinsi Jambi yang berpartisipasi dalam kegiatan KKN tersebut. Dari jumlah itu, peserta akan dibagi ke dalam 22 Kelompok KKN Kebangsaan.
Dr. Nurkholis, M.Pd., selaku pendamping menjelaskan bahwa empat mahasiswa ini berangkat ke Jambi pada Jum’at, 23 Juli 2021. Mereka yang berangkat sudah divaksin sebelumnya dan tentu mengantongi surat kesehatan bebas Covid-19 sesuai ketentuan perjalanan. Untuk meminimalisir kemungkinan kontak dengan orang asing, pihaknya memilih penerbangan dengan waktu transit tersingkat. “Mahasiswa yang berangkat satu dari FIP, dua dari FMIPA, dan satu lagi dari FIO,” terangnya.
Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Akademik turut hadir untuk menyemangati mahasiswa yang akan bertolak ke Jambi itu. Ia berpesan kepada peserta untuk tetap menjaga nama baik di mana pun berada. “Tunjukkan semangat kolaborasi, perlihatkan kreativitas sebaik mungkin, dan ukir prestasi-prestasi yang baik, karena itu akan menjadi catatan bagi Anda, catatan bagi lembaga, dan catatan bagi KKN Kebangsaan saat ini,” ucapnya memotivasi.
Tak lupa, Bambang Yulianto juga berpesan kepada mahasiswa untuk menghormati, dan mampu beradaptasi dengan budaya dan adat istiadat setempat. “Atas doa dan dukungan warga UNESA, kami akan melakukan yang terbaik di KKN ini dan semoga nantinya bisa mengharumkan nama UNESA,” ujar Reza Dwi Ramadhan, salah satu dari keempat mahasiswa yang mengikuti KKN Kebangsaan. (Hasna)