16 July 2021


Unesa.ac.id, Surabaya – Satuan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Unesa menyelenggarakan Pre- Departure International Credit Transfer (ICT) 2021 pada Kamis, (15/7) secara daring. Acara pertemuan ini dihadiri oleh Dr.Muhammad Sholeh, M.Pd selaku ketua satuan MBKM, Tsuroyya, S.S., M.A. selaku ketua Divisi Pertukaran Mahasiswa dan Magang Riset, dan Rusly Hidayah, S.Si., M.Pd. selaku Sekretaris Divisi. Hadir pula, para dosen penanggung jawab dari setiap fakultas dan 10 mahasiswa yang mengikuti ICT 2021.
Dalam pertemuan kali ini mereka membahas mengenai Koordinasi bantuan pemerintah terkait program ICT ini. Sebelum para mahasiswa melaksanakan perkuliahan, mahasiswa diharuskan untuk berkoordinasi dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) mitra untuk memastikan kuliah agar tidak bentrok dengan jadwal di PT asal, memahami Learning Management System' (LMS) yang digunakan di PTLN mitra, menanyakan important dates di PTLN mitra, dan PIC Fakultas memberikan gambaran terkait perkuliahan di PTLN mitra.
Selain itu, ketua satuan MBKM Unesa mengharapkan pertemuan kali ini dapat membekali mahasiswa agar siap berkuliah secara daring dengan Universitas Luar Negeri sebagai mitranya. “Program ini mendapatkan support pendanaan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi” terangnya.
Dalam pemaparannya, Dr. Muhammad Sholeh juga menjelaskan bahwa mahasiswa nantinya akan mendapatkan bantuan dana berupa biaya hidup, biaya pendidikan, bantuan pembelian buku dan akses jurnal.
Rusly Hidayah, S.Si., M.Pd. menjelaskan bahwa tujuan dari pertemuan ini sebagai bekal mahasiswa dalam menjalani perkuliahan, yang mana dengan berbagai perbedaan latar belakang budaya. Tentunya, mahasiswa diharuskan untuk selalu update dengan berbagai informasi berkaitan dengan perkuliahan, beradaptasi dan mengikuti budaya perkuliahan yang sudah ada di Perguruan tinggi luar negeri. Sepuluh mahasiswa Unesa ini nantinya akan menjalani perkuliahan di Cina, Thailand, dan Malaysia.
“Mahasiswaku tercinta, kalian membawa nama Unesa, sehingga kalian harus memberikan yang terbaik ketika mengikuti perkuliahan di Perguruan Tinggi Luar Negeri, tetap semangat dan teruslah berprestasi “ pesan Dr.Muhammad Sholeh, M.Pd.(Hasna)