04 July 2021


Unesa.ac.id, Surabaya-Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan karir mahasiswa, salah satunya bisa dengan menghelat webinar pengembangan karir seperti yang dilakukan Unesa Career Center (UCC) pada Sabtu (3/7/2021). Acara tersebut bertema "Strategi Berkarir di Era Pandemi" yang diikuti sekitar 200 mahasiswa aktif dan alumni.
Kegiatan yang disiarkan secara langsung di kanal Youtube Unesa Career Center itu dibuka oleh Wakil Rektor Unesa Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Agus Hariyanto, M.Kes serta didampingi Ketua Umum Unesa Career Center, Salamun Rohman Nudin, S.Kom., M.Kom. Adapun pembicara yang dihadirkan adalah Baso Alim Bahri, S.Psi., M.Adm. SDA, General Manager of Human Capital & GA Chaeron Pokphand Eastern Indonesia dan Rini Sugiyanto, S.Psi, Human Capital Development Analyst Astra Infra Toll Road Jombang-Mojokerto.
Agus Hariyanto mengapresiasi kegiatan tersebut karena dapat menambah pengetahuan mahasiswa dan alumni dalam merancang masa depan. Selain itu, juga ada pendampingan mahasiswa yang lulus untuk terus berkarya dan diterima di dunia kerja meskipun era pandemi. “Kita sudah mempersiapkan prosesnya mulai dari pendidikan karakter, pelatihan, workshop, program mahasiswa wirausaha, dan jobfair. Kita sudah upayakan yang terbaik. Nah, teman-teman mahasiswa dan alumni juga perlu branding diri," ujarnya.
Baso Alim Bahri menyampaikan, bahwa memasuki era industri 4.0, mahasiswa harus lebih adaptif dan fleksibel dalam memanfaatkan peluang kerja. Tidak hanya fokus pada satu bidang keahlian saja, tetapi juga bisa belajar lintas bidang keilmuan lewat pemanfaatan platform dan tutorial yang tersedia di internet. Ia mencontohkan, mahasiswa psikologi bisa belajar dengan mudah manajemen bisnis atau jurnalistik. “Keinginan belajar hal-hal baru inilah yang menarik," tuturnya.
Alumni Psikologi Universitas Padjajaran ini menambahkan, poin penting yang perlu dimiliki seorang fresh graduate ialah attitude yang baik, keterampilan branding diri, dan jejaring. “Kita harus mampu mengenal diri dengan baik, apa kekurangan dan kelebihan kita, karna ini adalah sebuah daya tarik,” tukasnya.
Senada, Rini Sugiyanto, S.Psi, menyebutkan bahwa cara branding diri yang penting diperhatikan salah satunya yakni lewat Cirriculum Vitae (CV) saat melamar kerja. Alumni Psikologi Unesa ini juga memberikan tips saat menyusun CV, mulai dari isi, hingga proses seleksi. Agar memberikan pemahaman yang baik untuk peserta, iapun membuka sesi untuk mereview CV dari beberapa peserta terpilih.
Pada sesi akhir webinar ini diadakan pula pembagian hadiah bagi peserta yang aktif bertanya berupa tas ransel serta smartphone bagi alumni mahasiswa Unesa yang telah mengisi tracer study. Seperti yang di ungkapkan Salamun Rohman Nudin, Ketua Umum UCC, pemberian hadiah tersebut sebagai bentuk upaya memotivasi para alumni Unesa agar turut berperan mengembangkan potensi dan berkarir di era pandemi. (meds)