24 June 2021


Unesa.ac.id, Surabaya–Guna mengukur potensi individu untuk memprediksi kompetensi tenaga kependidikan dan pegawai, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menyelenggarakan sosialisasi pelaksanaan Asesmen Prediksi Kompetensi Pegawai Tahun 2021 secara daring pada Kamis (24/6/2021).
Acara sosialisasi tersebut diikuti sekitar 300 peserta yang terdiri dari tendik maupun pegawai selingkung UNESA dan dihadiri Dr. Sulaksono, S.H., M.H, kepala BUK dan Hendra Erdiawan, S.ST selaku Pengelola Kepegawaian. Selain itu, juga dihadiri para wakil dekan bidang umum dan kepala biro selingkung UNESA.
Sulaksono menjelaskan bahwa asessmen pegawai memang harus dilaksanakan secara berkala oleh lembaga bahkan kementerian. Tujuannya untuk menjaring data profil prediksi kompetensi pegawai sebagai bahan manajemen SDM yang mencakup pengembangan kompetensi, manajemen talenta, rotasi atau mutasi, dan promosi.
Asesmen tersebut telah memiliki dasar hukum berupa UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, PP Nomor 17 Tahun 2020 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Permen Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara.
Permendikbud Nomor 7 Tahun 2013 tentang Pedoman Penataan Pegawai Berbasis Kompetensi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Badan Kepegawaian Negara Nomor 26 Tahun 2019 tentang Penilaian Kompetensi. Dan, Permendikbud Nomor 9 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemendikbud.
Sulaksono menambahkan bahwa program asesmen tersebut didasarkan pada sistem merit, yakni kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar.
Kepala BUK UNESA mengatakan bahwa ada sekitar 295 pegawai UNESA yang sudah terdaftar dalam program assesmen itu. Dari jumlah itu, diharapkan data dapat dipetakan dengan baik guna membantu dalam pengambilan kebijakan yang tepat dan bermanfaat. “Melalui asessmen ini, nantinya para pegawai dapat meningkatkan kemampuan dan skill mereka menjadi jauh lebih baik lagi, guna mendukung kemajuan Unesa ke depannya,“ harapnya. (Hasna)