05 June 2021


Unesa.ac.id, Surabaya-Sebanyak 16 Proposal Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi (PWMV) UNESA berhasil lolos dan mendapat pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Pengumuman tersebut tertuang dalam surat Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek tentang Pendanaan Program Wirausaha Mahasiswa Vokasi 2021.
Dengan perolehan jumlah proposal yang lolos tersebut, UNESA menjadi universitas yang mendapat pendanaan terbanyak untuk PWMV 2021 dibanding universitas lain yang memiliki sekolah atau program Vokasi. Hal ini tentu membanggakan bagi UNESA, sebab tahun sebelumnya dalam program yang sama Unesa hanya berhasil meloloskan satu proposal saja.
Adapun jenis bidang usaha yang berhasil mendapat suntikan dana tersebut yakni satu usaha bidang manufaktur, sembilan usaha dalam bidang kuliner, empat usaha untuk bidang industri kreatif, dan dua usaha dalam bidang IT. Para mahasiswa yang mendapat dana usaha tersebut, sebelumnya memang sudah siap jauh-jauh hari.
Bahkan sudah mendapat pelatihan khusus dari Unesa Career Center (UCC) pada 18 April 2021 yang terdiri dari 30 tim. Sebagai informasi saja, bahwa penyelenggaraan PWMV merupakan salah satu upaya Dirjen Pendidikan Vokasi dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul dan memiliki daya saing serta mendorong munculnya banyak wirausahawan dari kalangan mahasiswa pada Perguruan Tinggi Penyelenggaran Pendidikan Vokasi di tiap daerah. “Ini kabar baik bagi UNESA dan semoga bisa menguatkan peran program Vokasi dalam pembangunan strategis nasional ke depannya,” ujar Direktur Program Vokasi Unesa Dr. Martadi, M.Sn. (Humas Unesa)