27 April 2021


Unesa.ac.id, Surabaya-Salah satu lembaga pemeringkatan perguruan tinggi di seluruh dunia, Scimago Institutions Rankings (SIR) baru-baru ini merilis daftar kampus terbaik di Indonesia dan dunia tahun 2021. Universitas Negeri Surabaya (Unesa) masuk dalam daftar tersebut menduduki peringkat ke-15 sebagai kampus terbaik di Indonesia dan masuk Best Quartile Q1 atau kategori satu. Sementara di tingkat dunia, Unesa menduduki peringkat ke-736. Ada tiga indikator yang digunakan SIR dalam pemeringkatan itu yakni research, innovation dan societal. Adapun rincian peringkat yang diperoleh Unesa yakni, research ranking ada di peringkat ke-10, innovation duduki peringkat ke-19, dan societal ada di peringkat ke-14.
Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes mengapresiasi capaian Unesa yang berhasil masuk daftar 20 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran, dari rektorat hingga jurusan maupun prodi atas komitmen, kerja keras dan kerja samanya sehingga secara bertahap bisa menuai hasil yang baik.
Ia menambahkan, capaian Unesa tahun 2021 harus menjadi motivasi bagi seluruh civitas akademika Unesa dalam meningkatkan prestasi kinerja baik dalam riset, publikasi, inovasi maupun pengabdian kepada masyarakat. Sudah saatnya Unesa membuka diri terhadap segala bentuk peluang maupun tuntutan global. Unesa juga harus terus berbenah sekaligus terus meningkatkan kualitas di berbagai bidang, sehingga bisa menjadi World Class University.
“Untuk menjadi kampus kelas dunia, yang harus dilakukan adalah peningkatan standar riset dan publikasi ilmiah baik secara secara kualitas maupun kuantitas. Inovasi kita juga harus go internasional. Begitu juga dengan kerja sama internasional yang harus terus kita tingkatkan,” ujarnya.
Pria yang biasa disapa Cak Hasan itu mengatakan bahwa pemeringkatan tahun ini harus bisa dipertahankan ke depannya. Bahkan pada pemeringkatan berikutnya, Unesa harus bisa naik lagi. Ia mengaku, itu memang bukan pekerjaan gampang, tetapi juga bukan hal yang mustahil bagi Unesa untuk bisa mewujudkan hal itu.
“Kalau kita sudah niat, ada tekad, komitmen kita kuat, dan usaha sungguh-sungguh, akan sangat mungkin bagi Unesa terus naik peringkat baik nasional maupun internasional,” tukasnya semangat. “Pemeringkatan ini penting sekali buat kita (Unesa, red), memudahkan dalam segala hal, kerja sama internasional jadi mudah, jaringan global makin luas, dan program-program internasional pun melimpah, kalau sudah begitu, tentulah SDM dan Unesa bisa makin maju dan unggul. Intinya kita kejar kualitas dan peringkat,” pungkasnya. (Humas Unesa)