25 April 2021


Unesa.ac.id, Surabaya-Program Vokasi Universitas Negeri Surabaya ditetapkan sebagai penerima bantuan pemerintah dalam Program Sertifikasi Kompetensi dan Profesi Mahasiswa Vokasi Tahun 2021. Kabar baik itu termuat dalam pengumuman resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tertanggal 23 April 2021 dan ditandatangani Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi, Dr. Beny Bandanadjaja, ST., MT.
Selain Unesa, ada 45 perguruan tinggi lain yang juga mendapat bantuan program tersebut. Setelah ditetapkan, selanjutnya, antara Unesa sebagai Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi dan Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi akan menandatangani kontrak kerja sama.
Di samping itu, Program Vokasi Unesa juga dipercaya sebagai pendamping Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Timur lewat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang Penetapan Perguruan Tinggi Sebagai Pelaksana Pendampingan Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Tahun 2021 yang ditandatangani Dirjen Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, S.T., M.Sc., Ph.D.
Sebagai pendamping, Vokasi Unesa mendapat beberapa tugas. Pertama, pelaksanaan koordinasi dengan unit pelaksana teknis Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, perguruan tinggi lainnya, dinas pendidikan provinsi, dan dinas terkait.
Kedua, pendampingan pemenuhan delapan standar nasional pendidikan dan implementasi link and match dengan dunia kerja. Ketiga, fasilitasi dan pelatihan pelaksanaan in house training kepada kepala sekolah dan guru di SMK pelaksana Program SMK Pusat keunggulan, serta pengawas sekolah.
Keempat, fasilitasi implementasi pembelajaran berbasis komunitas kepada kepala sekolah dan guru di SMK pelaksana Program SMK Pusat keunggulan, serta pengawas sekolah. Kelima, pendampingan kepala sekolah di SMK pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan dalam penyusunan perencanaan, pengelolaan, dan pengembangan SMK.
Keenam, pendampingan penggunaan teknologi bagi kepala sekolah dan guru di SMK pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan. Ketujuh, penyusunan, pemantauan, evaluasi, dan pelaksanaan tindak lanjut capaian pembelajaran di SMK pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan.
Dua tugas dan kepercayaan tersebut merupakan wujud usaha dan kualitas Program Vokasi Unesa dalam memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan negara. Vokasi Unesa berbakti untuk negeri. Unesa satu langkah di depan. (Humas Unesa)