24 April 2021


Unesa.ac.id, Surabaya-Kompetisi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Universitas Negeri Surabaya kembali dilaksanakan. Acara ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi terhadap mahasiswa Unesa yang memiliki kompetensi unggul di bidang akademik dan non akademik sekaligus menjadi ajang untuk memilih perwakilan Universitas Negeri Surabaya ke Pilmapres tingkat nasional.
Sebagai pembuka, acara diawali oleh pidato dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Agus Hariyanto, M.Kes. Dalam sambutannya, Ia mengungkapkan apresiasinya terhadap civitas akademika yang terpilih menjadi Grand Finalis, Ia juga mengungkapkan pentingnya konsistensi dan keberlanjutan dalam mengembangkan potensi mahasiswa.
“Iklim ini harus kita ciptakan dan kembangkan melalui sinergi dari seluruh dosen dan civitas akademika Universitas Negeri Surabaya. Sehingga ke depannya, budaya berprestasi di Unesa dapat terjaga, bersama mari kita ciptakan inovasi dan karya terapan dalam mewujudkan semangat Unesa Satu Langkah di Depan untuk Indonesia Maju” ungkap Agus.
Di lain tempat, Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan,M.Kes mengungkapkan peserta terpilih hari ini telah melalui proses yang Panjang. “Harapannya, sebagai mahasiswa berprestasi, para peserta dapat menularkan semangat untuk aktif berorganisasi, berani belajar dan mempraktikan bahasa asing, aktif mengikuti berbagai kompetisi dan kegiatan sosial di lingkup nasional maupun internasional dengan tetap menjaga citra baik diri, almamater dan negara Indonesia” ungkap Nurhasan.
Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan presentasi dari masing-masing peserta yang terdiri dari 4 kategori, yakni Sarjana Utama, Sarjana Muda, Diploma Utama dan Diploma Muda. Pasca presentasi, peserta mendapatkan pertanyaan secara acak dari dewan juri yang terdiri dari Dra. Oksiana Jatiningsih, M.Si, Dr. Warju, S.Pd.,M.T dan Lina Purwaning Hartanti, S.Pd.,M.EIL.
Grand Final Pilmapres Unesa tahun 2021 ini menghasilkan para jawara dari keempat kategori, diantaranya untuk Kategori Sarjana Utama, Juara I diraih oleh Salsabila Romadona dari S1 Gizi, Juara II diraih Ibnu Affan dari S1 Ekonomi Islam dan Juara III diraih Singgih Oka Wardhana dari S1 Pendidikan Fisika. Dalam kategori Sarjana Muda, Juara I diraih oleh Khoirun Nisa, Juara II diraih Nurul Aziza dan Juara III diraih oleh Bayu Krisna Mukti Wibowo.
Dalam program diploma utama, Juara I diraih oleh Dewi Indah Wilujeng, Juara II diraih oleh Mohammad Afriyan Anggadiotama. Sedangkan di program diploma muda, Juara I diraih oleh Laskar Intifada Saifullah Fatah Wardana dan Juara II diraih oleh Fitroh Maulana Rizki.
Acara Pilmapres tahun 2021 ini diselenggarakan di Gedung Aula Rektorat Lantai 11 dengan melibatkan 12 peserta terpilih yang sebelumnya telah melaksanakan tahap penyisihan di tingkat prodi, jurusan hingga fakultas hingga terpilih 3 peserta dengan nilai tertinggi untuk berlaga di tingkat Universitas. Keempat pemenang dari setiap kategori nantinya akan menjadi perwakilan Unesa untuk berlaga di Pilmapres tingkat Nasional. (Humas Unesa)