06 March 2021


Unesa.ac.id, Surabaya-Menghadapi situasi di masa pandemi seperti sekarang memang butuh kerja sama dan kobaran semangat dalam berbagi. Berbagi tidak hanya dapat meringankan hidup orang lain, tetapi juga dapat memberikan stimulus positif dan semangat kebaikan kepada sesama.
Hal itulah yang dilakukan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) lewat program Jumat Berkah yang digelar pada Jumat (05/03/2021) di depan gerbang Unesa Kampus Lidah Wetan. Bibit Sucipto, Direktur Pandesa Riding School menuturkan bahwa kegiatan tersebut digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, sehingga semua wajib mengenakan masker, jaga jarak aman minimal satu meter, dan disediakan hand sanitizer.
"Karena melibatkan banyak orang, kegiatan ini harus taat prokes demi keselamatan dan kesehatan bersama. Saya tidak mau, kegiatan yang baik ini dinilai tidak baik lantaran kurang memperhatikan prokes,” tutur pria yang juga sebagai dosen di Fakultas Ilmu Olahraga Unesa itu. “Agar penerapan protokol kesehatan sesuai anjuran, kegiatan itu langsung dipantau oleh dr. Endang,” sambungnya.
Jumat berkah merupakan program berbagi yang digelar Unesa setiap Jum’at dan sudah berjalan dua kali kegiatan. Sebelumnya Unesa berbagi 50 porsi nasi kotak dan pada kali keduanya Unesa bekerja sama dengan Satuan Mitigasi Crisis Center (SMCC) menyediakan sebanyak 200 porsi nasi kotak untuk masyarakat.
Program tersebut mendapat banyak respon positif dan disambut antusiasme oleh warga dan pengguna jalan, salah satunya Didik Sugianto. Dia mengatakan bahwa kegiatan Jumat berkah merupakan kegiatan positif.
Menurutnya, kegiatan berbagi tersebut cukup membantu para pengguna jalan dan warga sekitar. Meskipun hanya sekadar nasi kotak, tetapi dapat memberikan arti tersendiri bagi orang-orang yang membutuhkan. "Alhamdulillah, terima kasih kepada semua yang sudah mau bagi-bagi rezekinya. Semoga bisa menjadi berkah dan bermanfaat," ujarnya.
“Situasi dan kondisi saat ini memprihatinkan, income menurun secara drastis, terutama di sektor bawah. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap sesama," tutur Bibit Sucipto. “Agenda ini, rencananya akan digelar secara rutin setiap Jumat. Semoga semua baik-baik saja dan selalu sehat,” pungkasnya. (Humas Unesa)