01 February 2021


Unesa.ac.id, Surabaya – Mengajar di tengah pandemi Covid-19 memang butuh perjuangan. Para guru dituntut aktif, kreatif, inovatif, dan kolaboratif agar esensi belajar dan mengajar tetap terpenuhi.
Guna memotivasi dan mengapresiasi para guru agar tetap produktif di masa pandemi, Ikatan Alumni Unesa (IKA Unesa) daerah Lamongan menggelar acara penganugerahan kejuaraan Lomba Guru Kreatif 2021.
Acara lomba digelar sejak 28 Desember 2020 hingga 18 Januari 2021 dan berhasil mendapatkan para peserta terbaik dari kalangan guru negeri dan swasta se-Kabupaten Lamongan. Acara penganugerahan dilaksanakan pada 30 Januari 2021 di aula gedung SMP Negeri 1 Lamongan.
Ada tiga kategori lomba dalam kejuaraan tersebut; artikel ilmiah pembelajaran masa pandemi, lomba video pembelajaran masa pandemi, dan lomba cipta cerpen masa pandemi. “Lomba ini memang butuh guru-guru yang care (peduli-empati, red),” ujar Drs. H. Khoirul Anam, M.Pd. selaku ketua umum IKA Lamongan.
Ia menjelaskan bahwa seorang guru bukan hanya harus aktif, kreatif dan inovatif. Namun, mereka juga harus care bagaimana kondisi siswa selama pembelajaran daring atau jarak jauh selama ini. “Betapa berat tuntutan kita sebagai guru, kepala sekolah, dalam pembelajaran selama pandemi, tapi ya itu harus semangat, demi generasi,” tambahnya.
Khoirul Anam menegaskan bahwa aktif, kreatif, inovatif dan care amat sangat diperlukan bagi seorang guru saat ini. Untuk mewujudkan itu semua, salah satunya bisa lewat kegiatan perlombaan atau ajang kreativitas untuk para guru seperti yang digelar IKA Unesa tersebut.
Dalam sambutannya, Drs. Adi Suwito, M.Pd. selaku pembina IKA Unesa Lamongan memberikan apresiasi kepada para guru yang sudah berjuang selama masa pandemi ini. Dia mendorong para guru agar di tengah kondisi saat ini, para guru atau pendidik harus mampu mencari celah hadirkan inovasi dalam pembelajaran agar materi bisa diterima dengan baik oleh para siswa.
Lewat terselenggaranya acara lomba tersebut, semoga dapat memotivasi para guru dalam mengabdi untuk negeri. Juga menjadi motivasi bagi IKA Unesa sendiri. Adi Suwito berharap IKA Unesa bisa terus mengambil bagian dan berkontribusi bagi pengembangan pendidikan di Kab. Lamongan.
“Semoga kita bisa terus berkolaborasi untuk gapai prestasi,” harapannya dalam acara yang juga dihadiri oleh Zainal Mutaqqin, S.Pd. sebagai ketua panitia itu. Acara juga dimeriahkan para juri, peserta dan para pemenang lomba. (Hasna/Yam)