26 August 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Universitas Negeri Surabaya (UNESA) terus memperkuat sinergi dengan perguruan tinggi lainnya. Pada, Jumat, 26 Agustus 2022, kampusnya ‘para juara’ itu melaksanakan Brainstorming Building Capacity dengan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) di Auditorium Lantai 11, Gedung Rektorat, Kampus Lidah Wetan, Surabaya. Pada kesempatan itu, Undiksha membawa rombongan yang terdiri dari 32 sivitas akademika.
Kegiatan diawali dengan sambutan Endah Purnomowati Nurhasan, M.Pd. selaku ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNESA yang kemudian dilanjut dengan sambutan Dra. Tien Sumartini Jampel, M.Pd. selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Undiksha.
Ketua DWP UNESA memaparkan bahwa pihaknya terus menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan dan meningkatkan kreativitas perempuan dengan pendekatan lingkungan berkelanjutan. Salah satu yang mereka lakukan baru-baru ini yaitu pelatihan pembuatan batik ecoprint.
Pada proses pembuatannya, daun-daun yang digunakan diambil dari tumbuhan sekitar yang ada di kampus Lidah Wetan. Kemudian kain yang sudah dibatik dijemur di halaman belakang Gedung Rektorat. Ini tujuannya untuk mendorong para ibu-ibu UNESA agar terampil dan tetap kreatif.
“Nanti sekitar tanggal 31 Agustus mendatang, DWP UNESA akan mengadakan bakti sosial dan pelatihan kepada Ibu-Ibu PPK terkait pembuatan Batik Ecoprint lagi,” ucapnya.
Pada sesi terakhir, DWP UNESA memberikan souvenir berupa batik ecoprint yang dibuat oleh Ibu-Ibu DWP UNESA. Sebaliknya, DWP Undiksha juga memberikan DWP UNESA buah tangan khas Singaraja. Selain itu, ketua DWP Undiksha memberikan hadiah khusus untuk ketua DWP UNESA berupa kain batik Singaraja.
Tien Sumartini berharap bahwa setelah diadakannya kegiatan Brainstorming ini mudah-mudahan membawa ide dan inspiratif yang dapat diterapkan di Undiksha dan di UNESA. “Kolaborasi ini semoga semakin produktif ke depannya dan menjadi basis kreativitas dan inovasi membangun masyarakat dan bangsa” ujarnya. [HUMAS UNESA]
Penulis: Nabila Arum Hidayati
Editor: @zam Alasiah*