09 November 2020


Unesa.ac.id-Surabaya, Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unesa mengadakan kegiatan Penyegaran Dosen dan Guru Pamong Penguji Ukin 2020 mulai pukul 07.30 – 16.30 WIB pada Sabtu (7/11).
Kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan penguji Uji Kerja (Ukin) tahun 2020 ini dikuti 177 peserta dari dosen dan guru pamong, dengan rincian 170 dosen dan 77 guru pamong.
Rektor Unesa, Prof Dr.H.Nurhasan, M.Kes saat membri sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan bahwa guru menjadi kunci penting bagi pendidikan. Oleh karena itu, sebagai guru maupun dosen harus mampu beradaprasi di era ini.
“Kita harus berani berinovasi, berkreasi, untuk membantu pemerintah kita menyiapkan SDM yang unggul untuk indonesia maju,” ujar Rektor Unesa.
Dalam penyegaran kali ini dibagi menjadi 6 kelompok, yakni kelompok PAUD, kelompok PGSD, kelompok Bimbingan dan Konseling, kelompok PJOK, kelompok SMP-SMA, dan kelompok SMK. Sementara itu, kelompok pendukung PGDS seperti B.Indonesia, IPA, IPS, Geografi, PPKN, dan sebagainya masuk pada kelompok SMP-SMA.
Panitia Nasional UKM PPG, Dr. Asep Supena, M.Psi menyampaikan bahwa tujuan penyegaran dosen dan guru pamong ini karena ada beberapa yang baru dibandingkan dengan PPG sebelumnya. Oleh karena itu yang dulunya pernah menjadi penguji Ukin hari ini disegarkan sekaligus juga penyamaan persepsi terhadap komponen-komponen yang dianggap baru.
Setelah kegiatan pembukaan orientasi, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para narasumber. Di antaranya Dr. Asep Supena, M.Psi dengan materi umum ‘Pelaksanaan UKMPPG 2020’. Kemudian Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd. terkait tentang ‘Ukin Portofolio, Instrumen, dan Penyamaan Persepsi’. Dilanjut Drs. Mintohari, M.Pd. dengan topik ‘Ukin Pembelajaran RPP, PP, dan Instrumen Penilaian’. Dan, materi yang terakhir ‘Penilaian Ukin Berbasis IT’ disampaikan oleh Agoes Primono Sardjono. (aida/sir)