27 October 2020


Unesa.ac.id-Surabaya, Sebagai wadah bagi pelajar dan mahasiswa agar selalu berkreativitas di masa pandemi Covid-19, Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Moral Pancasila dan Kewarganegaraan (HMJ PMP-KN) menyelenggarakan "The Creativy of Milenials in Art And Culture“ atau disingkat CENTURY 2020.
Kegiatan ini merupakan program unggulan yang selalu diadakan setiap tahun. Dan, tahun ini adalah tahun ke-3. Sebelumnya, nama kegiatan ini adalah Pekan Kewarganegaraan, yang berupa lomba debat nasional tingkat SMA dan Mahasiswa.
Karena masa Pandemi, tahun ini acara dilakukan secara online dan dibuka bersamaan dengan diadakannya pendaftaran lomba Gelombang 1 pada tanggal 1 September 2020 – 17 September 2020. Dilanjutkan pendaftaran Gelombang 2 pada tanggal 18 September 2020 – 10 Oktober 2020.
Kategori lomba meliputi Lomba Baca Puisi terbuka untuk umum, Lomba DAI untuk pelajar SMA/SMK/MA, Lomba Menulis Cerpen untuk pelajar SMA/SMK/MA, Lomba Membaca Monolog untuk pelajar SMA/SMK/MA, Lomba Pidato Kebangsaan terbuka untuk umum, dan Lomba Desain Poster terbuka untuk Umum.
Banyaknya kategori lomba dan peyebaran poster lomba secara masif di media sosial, kegiatan ini dapat menambah semangat dan lebih menjangkau banyak orang untuk tetap berkreativitas.
Reri Febriana selaku Ketua Pelaksana CENTURY 2020 mengatakan, meskipun semua lomba dilaksanakan secara online, antusisas peserta sangat bagus. Hal ini terbukti dengan jumlah peserta sebanyak 121 orang dari berbagai kategori lomba, baik yang daftar secara individu maupun kolektif dari pihak sekolah.
Selain lomba siswa dan umum, juga ada rangkaian acara, yaitu Webinar Nasional Kebangsaan dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan tema “Membumikan Nilai-Nilai Pancasila dalam Nuansa Indonesia Rumah Kita Bersama” pada Kamis, 1 Oktober 2020.
Webinar ini dihadiri oleh Rektor Unesa Periode 2014-2018, Prof. Dr. Warsono, M.S sebagai pemateri utama. Sedangkan materi kebangsaan lainnya diisi oleh Yuska Harimurti, Aktivis Roemah Bhinneka Jawa Timur, dan Fahmi Rifa M., Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Nasional PPKn Indonesia periode 2018-2020.
Selain mendapat ilmu yang bermanfaat dan relasi baru, peserta yang telah melakukan registrasi terlebih dahulu juga mendapatkan E- Sertifikat.
Prima Adi Kurniawan, Penanggung Jawab Program Kerja CENTURY, sekaligus Panitia mengatakan tidak hanya panitia saja yang turut bekerja sama dengan baik, kegiatan CENTURY 2020 pun mendapat dukungan penuh dari pihak birokasi jurusan, fakultas maupun universitas.
Walaupun terkendala dalam proses surat menyurat dan pengajuan proposal, namun seluruh rangkaian kegiatan berjalan dengan baik.
Acara ini ditutup dengan pengumuman juara masing-masing lomba melalui akun Instagram @hmjpmpknunesa dan @century2020 pada tanggal 20 Oktober 2020.
Adapun mekanisme pemberian hadiah, untuk uang pembinaan akan dikirimkan melalui rekening pemenang dan untuk sertifikat akan dikirimkan melalui email, baik sertifikat peserta maupun sertifikat pemenang.
Reri Febriana berharap acara tahunan ini dapat diselenggarakan terus menerus dan lebih baik lagi dari segi persiapan dan pelaksanaanya, serta dengan adanya acara ini bisa menjadi branding khususnya jurusan PMP-KN dan Unesa. (meds/sir)