22 September 2020


Unesa.ac.id-Surabaya, Sebanyak 88 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi dosen Universitas Negeri Surabaya mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS secara daring yang diselenggarakan pada Senin (21/9) dan Selasa (22/09). Penyelenggaraan tes tersebut merujuk pada surat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait jadwal dan ketentuan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019 di lingkungannya melalui surat Nomor 72356/A.A3/KP/2020.
Eko Pamudji, S.Pd, M.M., panitia penerimaan CPNS di lingkungan Unesa mengatakan bahwa total peserta pendaftar formasi dosen yang lolos SKD dan mengikuti tes berjumlah 88 orang. Setiap formasi, terang Eko Pamudji semestinya diambil tiga terbaik. Namun, jumlah itu berubah karena ada grade-nya.
“Salah satu alasan kenapa pelaksanaannya dilaksanakan di sini (ruang PPTI lantai 4) adalah karena jaringan internet yang terjamin. Malah yang kami khawatirkan adalah jaringan peserta. Oleh sebab itu, sebelum tes dilaksanakan, kami dari panitia benar-benar menghimbau peserta untuk mencari lokasi yang strategis dengan jaringan internet yang bagus,” tambah Eko Pamudji.
Lebih jauh, Eko Pamudji menjelaskan jika penguji tes wawancara yang dilaksanakan pada hari Senin adalah pimpinan fakultas di Unesa, yakni Dekan dan Wakil Dekan Bidang Akademik selingkung fakultas. Sementara untuk tes microteaching yang dilaksanakan hari ini (Selasa), yang bertugas sebagai penguji adalah Kajur selingkung fakultas. Eko Pamudji juga menjelaskan, jika penguji yang terlibat di dalam tes SKB ini telah menjalani pelatihan dari pusat.
“Adanya pandemik seperti sekarang mau tidak mau mengubah segalanya mulai dari sosialisasi sampai pada pelatihan khusus penguji. Kita mengirim data penguji, lengkap dengan nomor hp dan email. Jadi, token dan lain-lain langsung dikirim ke penguji, panitia yang di sini sama sekali tidak ikut campur,” tutur Eko Pamudji.
Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., juga turut hadir menyaksikan proses jalannya tes. Beliau juga sempat melihat persiapan pihak panitia dalam menyiapkan sinkronisasi data peserta sebelum menjalani tes secara daring.
Untuk diketahui, selain tes wawancara dan praktik mengajar yang dilaksanakan secara online, SKB CPNS lingkungan Kemendikbud tahun 2020 juga dilakukan melalui metode CBT di 34 provinsi pada tanggal 29-30 September 2020. (ay/sir)